Sukses

Kia Picanto Dapat Rating Keselamatan Maksimal

Fitur Keselamatan Kia Picanto mendapat rating keselamatan maksimal lima bintang oleh Australasian NCAP.

Liputan6.com, Sydney - Fitur Keselamatan Kia Picanto mendapat rating keselamatan maksimal (lima bintang) oleh Australasian New Car Assessment Program (ANCAP). Rating yang sama juga diberikan pada mobil saudara, Hyundai Elantra.

Melansir Motoring, Rabu (4/5/2016), city car ini memperoleh 34,12 poin dari 37 poin maksimal yang dapat diraih. Ini diperoleh setelah Picanto dites tabrak dari depan dan samping.

Parameter

Tes tabrak depan (frontal offset) mendapat skor 15,12 dari maksimal 16 poin. Sementara tes tabrak samping (side impact) mendapat 14,14 dari maksimal 16 poin. Ada pula fitur pengingat sabuk pengaman sebagai nilai tambah.

Dalam tes itu, diketahui bahwa perlindungan terhadap cedera leher (whiplash protection) Kia Picanto cukup baik. Sementara perlindungan pejalan kaki (pedestrian protection) dikatakan bernilai rata-rata atau 'marjinal'.

Menurut CEO ANCAP, James Goodwin, hasil ini membuktikan bahwa kendaraan yang dinilai murah tak mesti berbanding lurus dengan kualitas keselamatannya. Justru, mobil murah tetap bisa memberikan perlindungan maksimal.

"Kia membuktikan bahwa keselamatan tidak harus dibatasi oleh anggaran dengan Picanto sebagai kendaraan terjangkau tapi mendapat bintang lima," ujar Goodwin.

Sebagai catatan, capaian ini pasti berbeda-beda tiap wilayah, tergantung siapa otoritas yang membuat pengujian serta parameter yang digunakan. Di Eropa misalnya, Kia Picanto hanya mendapat rating empat bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini