Sukses

Berapa Banyak Bensin yang Tersisa Saat Indikator `E`?

Liputan6.com, Jakarta - Libur panjang sering dimanfaatkan melakukan perjalanan. Tak heran, sejumlah ruas jalan macet . Kondisi ini tentu saja membuat jengkel, apalagi bila diketahui indikator BBM 'E'.

Ternyata, Anda tak perlu panik. Sebab, masih bensin yang tersedia masih cukup untuk digunakan berkendara hingga jarak tertentu. Lalu, bagaimana cara mengetahuinya?

Caranya mudah, saat mengisi bensin pastikan dalam kondisi penuh. Dan catat angka pada odometer sebelum meninggalkan SPBU. Kemudian, ketika indikator turun setengah tangki catat juga odometer.

Setelah itu, hitung perbandingan antara jarak tempuh dengan konsumsi bahan bakar dengan rumus: jarak/liter. Anda dapat mengetahui konsumsi rata-rata kendaraan per liternya. Nah, apabila Anda disiplin melakukan hal ini, tentu bisa diketahui berapa banyaknya bensin yang tersisa di tangki.

Adapun, kapasitas bensin cadangan pada mobil cukup beragam, biasanya antara 10-15 persen dari volume maksimal. Untuk tangki mobil berjenis MPV seperti Toyota Avanza atau Veloz misalnya, memiliki kapasitas 45 liter, dengan kata lain cadangan bensin yang tersedia sebanyak 4,5 liter.

Dari pengujian saat sesi test drive dari Jakarta hingga Cirebon beberapa waktu lalu, konsumsi bahan bakar dari Grand New Veloz 1,5 AT antara 10-13 km/liter.

Maka, kapasitas bensin cadangan yang ada di dalam tangki mampu digunakan menempuh jarak sejauh 58,5 kilometer sampai bensin benar-benar habis, dengan perhitungan 13 km/liter dikalikan 4,5 liter.

Antisipasi

Namun demikian, Anda sebaiknya jangan terlalu mengandalkan kapasitas bensin cadangan pada mobil. Situasi libur panjang membuat kondisi lalu lintas tidak bisa diprediksi dan bisa membuat konsumsi bensin lebih boros sehingga disarankan untuk mengisi bensin yang cukup. Selamat liburan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini