Sukses

Soal Kasus Efisiensi, Mitsubishi Akan Ganti Kerugian Konsumen

Mitsubishi Motors secara resmi mengumumkan akan mengkompensasikan sejumlah uang kepada pelanggan.

Liputan6.com, Tokyo - Mitsubishi Motors secara resmi mengumumkan akan mengkompensasikan sejumlah uang kepada pelanggan, pasca pabrikan asal Jepang tersebut mengaku telah memanipulasi hasil efisiensi bahan bakar.

Konsumsi bahan bakar beberapa mobil mini yang tercantum pada iklan, brosur, dan media-media lainnya, tidak sesuai dengan fakta di jalanan. Mobil-mobil tersebut lebih boros bahan bakar ketimbang klaim di atas kertas.

Dilaporkan Asia Nikkei, kompensasi tersebut akan dikalkulasikan berdasarkan uang yang telah dikeluarkan untuk membeli bahan bakar.

Nominal uang yang akan diberikan tergantung pada hasil pengujian efisiensi bahan bakar oleh Kementerian Transportasi Jepang. Uji efisiensi ini telah dimulai pada 2 Mei lalu, dan minimal baru akan selesai Juni nanti.

Konsumen akan diinformasikan melalui surat resmi yang ditandatangani langsung oleh sang presiden, Tetsuro Aikawa, via dealer terdekat. Dalam surat tersebut, mereka juga meminta maaf kepada konsumen.

Pengumuman ini mendapat sambutan positif. Dilaporkan BBC, pasca pengumuman itu, saham Mitsubishi Motors hari ini (10/5/2016) meningkat sebesar 3,6 persen. Sebelumnya, saham perusahaan itu telah jatuh lebih dari 50 persen.

Beberapa mobil yang sudah dipastikan termasuk dalam kasus ini adalah mobil-mobil mini yang dibuat untuk pasar Jepang. Meski demikian, mereka telah membuat tim investigasi khusus yang akan menguji seluruh model secara global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini