Sukses

Solusi Otomotif: Cara Basmi Jamur di Kaca Toyota Avanza

Seorang pengguna Toyota Avanza mengeluhkan kaca yang berjamur. Lalu bagaimana cara membasminya?

Saya pengguna Avanza Veloz tahun 2014, kenapa kaca mobil saya banyak jamurnya? Bagaimana cara menghilangkan jamur tersebut? Terima kasih -Sudarmanto-

Pak Sudarmanto, mengenai kaca Toyota Avanza Veloz yang berjamur dan bagaimana cara menghilangkannya, ikuti langkah berikut. Namun, sebelum melakukan pembersihan jamur yang menempel di kaca depan, saya akan mengulas proses terjadinya jamur pada kaca mobil:

1. Timbulnya jamur biasanya akibat kaca yang tersiram air kemudian dibiarkan mengering tanpa dilap.

2. Mencuci mobil dengan air sabun ketika matahari terik. Jamur muncul apabila ketika membilas sabun tidak bersih hingga akhirnya kering dan bercak jamur.

3. Mencuci mobil menggunakan air dengan kadar asam (PH) tinggi.

Tips

Nah, sejumlah hal di atas memang secara alami akan menimbulkan jamur pada bagian kaca atau cat body. Adapun, tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi jamur adalah:

  • Segera membilas dan mengelap mobil sehabis berkendara pada cuaca hujan.
  • Apabila mencuci mobil sendiri jangan biarkan air sabun sampai mengering. Bisa juga cuci di tempat yang teduh.
  • Apabila air mengandung asam (PH) yang tinggi sebaiknya tidak melakukan pencucian mobil di daerah itu.
  • Bila sudah terlanjur ada jamur di kaca mulai bisa menggunakan obat penghilang jamur atau bawa kendaraan ke salon mobil untuk dibersihkan.

Semoga penjelasan ini bisa membantu dan menyelesaikan problem kaca ataupun body berjamur.

Terima Kasih

H Agus Mustafa

---

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir ia pernah menyabet juara 1 di ajang `National Toyota Technicians Skills Contest` dan menjadi wakil Toyota Indonesia di ajang 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.