Sukses

Brand Ini 90 Tahun Jadi Kereta Kencana Presiden Ceko

Skoda jadi mobil kepresidenan sejak era kepemimpinan Presiden Tomáš Garrigue Masaryk.

Liputan6.com, Praha - Mobil kepresidenan biasanya menggunakan merek-merek kenamaan dunia demi meningkatkan gengsi di mata dunia. Merek-merek seperti Mercedes Benz, Bentley, atau Rolls Royce seringkali dipercaya menyediakan tunggangan bagi kepala negara.

Tidak demikian halnya dengan Republik Ceko, karena negara pecahan Uni Soviet ini selalu mempercayakan mobil kenegaraannya pada merek dalam negeri yaitu Skoda Auto. Skoda juga bukanlah merek premium seperti Mercedes Benz atau Rolls Royce.

Dilansir Motor1, pabrikan yang berdiri pada 1895 ini selama 90 tahun terakhir secara berturut-turut menyediakan kendaraan dinas kepala negara yang awalnya bersatu dengan Slovakia dalam Cekoslovakia.

Tradisi ini dimulai sejak era kepemimpinan Presiden Tomáš Garrigue Masaryk yang mendapat jatah Skoda Hispano-Suiza. Limousine berbobot 2,7 ton ini menggunakan mesin enam silinder 6,7 liter, dan dilengkapi partisi kaca yang memisahkan antara pengemudi dan kompartemen penumpang di belakang.

Mobil kepresidenan kedua dari Skoda hadir tidak lama setelah Perang Dunia II berakhir. Skoda Vos, mobil dengan panjang 5,7 meter dan bobot hingga 4,4 ton ini digunakan Presiden Cekoslovakia, Klement Gottwald dan Antonín Zápotocký.

Kiprah Skoda Auto tidak berhenti setelah Ceko dan Slovakia berpisah. Skoda kembali menyediakan kendaraan dinas presiden pada 1993 setelah pembentukan Republik Ceko. Václav Havel, seorang aktivis hak asasi manusia yang dilantik sebagai presiden adalah penggemar mobil besar dan merek Skoda.

Havel telah mencicipi berbagai model Skoda termasuk diantaranya Felicia dan generasi pertama Fabia, Octavia, dan Superb. Suksesor Havel yaitu Václav Klaus mendapat jatah Skoda Superb I dan Superb II.

"Kualitas tinggi dan prestisius dari model teratas Skoda saat itu jadi pilihan sebagai mobil dinas kepala negara Cekoslowakia atau Republik Ceko. Hari ini Skoda melanjutkan tradisi dengan generasi ketiga Superb sebagai kendaraan presiden Miloš Zeman saat menghadiri pertemuan," kata Andrea Frydlová, direktur Museum Skoda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini