Sukses

Dibekali Supercharged, Moge Telanjang Kawasaki Makin Buas

Kawasaki menyiapkan dua model sport naked dengan supercharged.

Liputan6.com, Tokyo - Kawasaki terus menambah model dengan sokongan turbo. Kali ini, pabrikan berciri khas warna hijau lemon tersebut akan membangkitkan moge klasiknya yaitu Z900 yang dipersenjatai supercharged.

Kawasaki sudah tidak lagi menyembunyikan keinginannya membangkitkan kembali model lawas. Ini dilakukan sebagai cara menghadang laju merek Eropa yang makin gencar merilis sepeda motor retro modern.

Dilansir Motorcyclenews, Kawasaki pada Oktober 2015 lalu memamerkan sketsa konsep SC-01 Spirit Charger, sebuah motor bergaya naked. Konsep tersebut digambarkan sebagai satu-satunya motor masa depan yang sedang dipertimbangkan oleh tim desainer Kawasaki. Sebulan setelahnya, Kawasaki kembali memamerkan konsep big bike retro yang dinamai SC-02, Soul Charger di EICMA, Milan.

Indikasi tersebut secara tidak langsung juga mengisyaratkan kebangkitan naked bike Z900. Kabar tersebut juga diperkuat saat Kawasaki mengajukan merek dagang Z900RS belum lama ini yang akan menjadi model turunan dari Z900.

Banyak yang mempercayai bila SC-01 akan menjadi Z900RS dengan mesin empat silinder 900 cc. Untuk SC-02 diprediksi menjadi H1 bermesin tiga silinder 675 cc dengan Kawasaki Balanced Supercharger Engine.

Teknologi supercharged ala Kawasaki tersebut memungkinkan fleksibilitas yang lebih luas dalam distribusi tenaga sekaligus menekan konsumsi bahan bakar.

Supercharged bekerja menggunakan aktuator untuk membuka-tutup katup supercharger dan memungkinkan ECU mengatur volume udara, sehingga memberi kontrol lebih progresif terhadap tenaga yang dihasilkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.