Sukses

Nissan Navara dan Mitsubishi Triton Bakal `Satu Rahim`

Nissan Navara dan Mitsubishi Triton akan saling berbagi platform.

Liputan6.com, Tokyo - Nissan resmi memiliki 34 persen saham Mitsubishi. Tentu saja, akuisisi ini dimanfaatkan Nissan untuk mengembangkan produknya di masa depan. Untuk jangka pendek, mereka akan membangun pikap dalam sau platform.

Dilansir Caradvice, Carlos Ghosn selaku CEO Nissan mengonfirmasi Nissan Navara dan Mitsubishi Triton akan saling berbagi platform. Keduanya akan dikembangkan secara terpisah namun akan bertukar gaya desain seperti yang terjadi pada Ford Ranger dan Mazda BT-50.

"Sangat memungkinkan kami menggunakan platform yang sama, namun kami tetap mengembangkan mobil tersebut masing-masing karena konsumennya yang berbeda," kata Ghosn.

Baik Navara ataupun Triton baru saja meluncur tahun lalu. Generasi selanjutnya dua model tersebut diperkirakan meluncur pada 2020.

Salah satu manfaat utama dalam kesepakatan ini adalah saling berbagi platform antara dua perusahaan. Kesepakatan tersebut bisa memangkas biaya dalam jumlah besar karena penelitian yang dilakukan bersama dan termasuk dalam biaya produksi kendaraan.

Penggunaan satu basis platform telah terbukti menekan biaya produksi. Platform NP 300 Navara dimanfaatkan untuk basis pikap Mercedes Benz, sedangkan Mitsubishi menawarkan lisensi Triton ke FCA untuk membangun Fiat Fullback.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.