Sukses

Lima Plat Mobil Termahal Dunia, Ada yang Tembus Rp 139 Miliar

Lima mobil termahal yang terjual di Inggris. Ada yang tembus Rp 139 miliar.

Liputan6.com, London - Fungsi plat nomor selain menjadi identitas resmi kendaraan juga bisa digunakan untuk personalisasi pemiliknya. Biasanya, pemilik kendaraan memesan plat secara khusus dengan kombinasi huruf dan angka yang unik sesuai keinginannya.

Dilansir Dailymail, sebuah rekor baru berhasil terpecahkan tahun ini setelah nilai transaksi plat nomor unik tembus 102 juta pound sterling atau sekira Rp 1,96 triliun. Driver & Vehicle Licensing Agency selaku otoritas berwenang untuk pertama kalinya berhasil melebihi angka 100 juta pound sterling dalam 12 bulan sejak April.

Otoritas ini mulai menjual plat nomor cantik sejak 1989 dan telah meraup pendapatan hingga 2 miliar pound sterling atau sekira Rp 38,44 triliun. Kebanyakan, plat nomor cantik ada yang dibeli dengan alasan investasi namun ada juga yang menjadikannya sebagai simbol kebanggaan.

Lalu, siapa saja pemilik plat nomor istimewa itu? Berikut ini daftarnya:

1

Foto: Dailymail

Rekor plat nomor cantik termahal dijual seharga 7,25 juta pound sterling atau sekira Rp 139,37 miliar pada 2008 lalu. Pengusaha kaya raya asal Uni Emirat Arab, Saeed Abdul Ghaffar Khouri jadi sosok yang berani menebus dengan harga fantastis tersebut. Plat ini begitu istimewa karena hanya bertuliskan '1'.

25 O

Foto: Dailymail

Bintang rock papan atas dunia, Eric Clapton jadi pengguna plat nomor cantik termahal selanjutnya. Ia membeli plat bertuliskan '25 O' seharga 518 ribu pound sterling atau sekira Rp 9,96 miliar.

Clapton sengaja memesan plat tersebut agar sesuai dengan Ferrari 250 SWB yang ia miliki. Plat milik Clapton saat ini harganya ditaksir mencapai 10 juta pound sterling atau sekira Rp 192,24 miliar.

F1

Foto: Dailymail

Pada 2008 lalu seorang pebisnis dari Bradford, Inggris, bernama Afzal Khan memesan plat nomor bertuliskan 'F1' seharga 440.625 pound sterling atau sekira Rp 8,47 miliar. Ia membeli agar cocok dengan Mercedes Benz McLaren F1 miliknya.

Plat ini menjadi buruan banyak orang setelah Khan tidak lagi menggunakannya. Kabar menyebut bila harga plat nomor bertuliskan 'F1' ditaksir mencapai 6 juta pound sterling atau sekira Rp 115,34 miliar

S1

Foto: Dailymail

Plat nomor cantik juga menjadi simbol status seseorang. Plat ini pertama kali digunakan oleh Lord Kingsburgh yang merupakan pemilik mobil pertama asal Skotlandia pada 1903.

Plat bekas Kingsburgh bertuliskan 'S1'laku terjual seharga 404 ribu pound sterling Rp 7,76 miliar di suatu lelang. Pemilik baru plat nomor cantik ini memasangkan Skoda berkelir merah miliknya.

VIP 1

Foto: Dailymail

Plat nomor cantik juga jadi incaran oligarki pemilik klub Chelsea, Roman Abramovich. Ia membeli plat bertuliskan 'VIP 1' pada 2006 lalu seharga 285 ribu pound sterling atau sekira Rp 5,48 miliar. Dua tahun kemudian, harga plat nomor cantik miliknya jatuh dan hanya laku 62 ribu pound sterling atau sekira Rp 1,19 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.