Sukses

5 Keunggulan Mobil Sistem Penggerak Roda Belakang

Sistem penggerak roda belakang yang bertenaga sangat cocok diaplikasikan untuk mobil berpenumpang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Sistem penggerak roda pada mobil terbagi jadi tiga, yaitu penggerak roda depan (Front Wheel Drive), penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive), dan penggerak empat roda (Four Wheel Drive 4WD/AWD).

Pengaplikasian sistem penggerak roda sebenarnya dipilih berdasarkan alasan penggunaan kendaraan. Karena sifatnya yang fleksibel untuk penggunaan dalam kota, luar kota, jalan menanjak, dan beban berat, sistem gerak roda belakang cocok untuk mobil berpenumpang banyak seperti MPV yang bisa muat 7 penumpang.

Apa saja keunggulan sistem penggerak roda belakang pada MPV?

Lebih mudah dalam hal perawatan

Mudah dalam perawatan

Mesin yang terpasang searah dengan body mobil membuat ruang mesin jadi lebih longgar, hal ini tentu menjadikannya lebih mudah dalam hal perawatan dan proses pencucian mesin.

Powerful di jalan menanjak

Ilustrasi jalan menanjak

Mobil dengan sistem penggerak roda belakang mentransfer tenaga mesin ke roda belakang untuk 'mendorong' mobil. Bukan 'menarik' mobil pada sistem kerja penggerak roda depan. Dibanding tarikan, karakteristik dorongan memudahkan kemampuan mobil saat membawa beban lebih banyak, bahkan di jalan menanjak sekalipun.

Kemampuan ini tentu sangat cocok mengingat MPV dengan 7 seater dalam kondisi full menghasilkan beban yang cukup besar apalagi saat dibawa berlibur ke daerah Puncak.

Lebih lincah di kondisi jalan yang tak baik

Ilustrasi jalan berlubang

Mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih tahan banting, khususnya untuk melibas jalan yang tidak rata atau berlubang. Power steering pada mobil RWD pun umumnya lebih enteng karena roda depan hanya mengarahkan kiri atau kanan saja sehingga memudahkan manuver menghindar.

Mudah bermanuver di tikungan tajam

Ilustrasi jalan menikung

Radius putar mobil RWD lebih patah karena arah roda depan tidak dibatasi oleh drive shaft di depan. Dengan begitu mobil lebih mudah menaklukan tikungan tajam atau melakukan sudut parkir yang sulit tanpa banyak gerakan maju mundur.

Lebih awet

Roda depan hanya untuk mengatur arah, hal itu menjadikan sistem mekanisasi, kemudi, dan sistem suspensi depan jadi lebih awet.

Mobil segmen MPV yang diketahui setia menggunakan sistem penggerak roda belakang adalah TOYOTA AVANZA. Grand New Avanza dan Grand New Veloz yang baru-baru ini diluncurkan juga tetap mempertahankan sistem penggerak roda belakang di samping peningkatan kualitas suspensi dalam menahan getaran dan memperkuat rangka lantai agar tingkat kebisingan, handling, dan stabilitas yang lebih baik dibandingkan pendahulunya.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.