Sukses

Orang Inggris Mulai Pilih Sepeda Motor daripada Naik Bus

Sepeda motor yang kini mencatatkan jarak tempuh lebih tinggi ketimbang bus.

Liputan6.com, London - Sepeda motor saat ini telah menjadi moda transportasi utama masyarakat perkotaan. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Indonesia atau negara berkembang, tetapi mulai merambah ke negara maju seperti Inggris.

Data Departemen Transportasi Inggris sebagaimana dilansir Motoringresearch, memperlihatkan jumlah keseluruhan perjalanan di seantero Inggris selama 2015 mencapai 317 miliar mil, atau lebih tinggi 1,6 persen dibanding tahun sebelumnya. Data tersebut turut mengungkap sepeda motor yang kini mencatatkan jarak tempuh lebih tinggi ketimbang bus. 

Jarak tempuh perjalanan sepeda motor keseluruhan pada periode tersebut sebesar 2,8 miliar mil, atau tidak mengalami perubahan dari 2014. Sementara itu, jarak perjalanan bus turun 4,6 persen jadi 2,7 miliar mil pada 2015.

Pemetaan ini juga bertujuan melihat tingkat kepadatan lalu lintas dan populasi kendaraan. Data dari Departemen Transportasi juga menunjukkan jarak jalan raya sejak 1995 bertambah 11,8 persen, sedangkan pertumbuhan kendaraan selama satu dekade meningkat hingga 44 persen.

Praktis, ini memperlihatkan pertumbuhan kendaraan jauh lebih tinggi ketimbang penambahan ruas jalan di Negeri Ratu Elizabeth II tersebut. Selain itu, terkuak fakta bila minat masyarakat untuk menggunakan transportasi umum semakin menurun dan mulai melirik sarana transportasi baru yang lebih praktis dan efisien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini