Sukses

Lakukan Ini Bila Akselerasi Honda Vario `Loncat-loncat`

Kotornya bagian CVT bisa membuat akselerasi motor matik terganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Motor matik yang mengandalkan CVT sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang memang perlu perawatan.

Bila diabaikan, motor seperti Honda Vario yang menimbulkan efek gregel atau akselerasi serasa loncat-loncat ketika kecepatan di bawah 20 km/jam.

Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati memberikan penjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Kepada Liputan6.com ia menuturkan gejala ini terjadi karena bagian dalam pada outer cluth kotor. Di dalamnya ada komponen weight clutch yang perlu dibersihkan secara rutin.



Praktis ketika dibiarkan dan akhirnya kotor membuat akselerasi motor terganggu. "Karena kotor, motor mengalami kondisi tersendat-sendat. Untuk ini perlu dilakukan pembersihan di area outer clutch setiap 8.000 km," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.