Sukses

Wajah Baru Yamaha R6 Mirip R1, Benar Tidak?

Yamaha akan memperkenalkan All-new YZF-R6 pada tahun ini.

Liputan6.com, Tokyo - Yamaha akhirnya mulai memasukkan R6 ke dalam rencana peremajaan. Motor sport kelas menengah ini menurut kabar akan debut tahun ini untuk mengisi model 2017.

Dilansir Autoevolution, Yamaha akan memanfaatkan desain superbike YZF-R1 dalam pengembangan R6 terbaru. Kabar penting lainnya adalah R6 akan mendapat penyegaran tiap tahun.

Desain khas R1 sangat dominan, terutama pada bagian headlamp yang lebih sipit. Selain itu, garis bodi secara tersirat terpengaruh gaya R1. Banyak pihak yang mengharapkan ada ciri khas tersendiri untuk R6, sehingga tidak terlalu menyerupai saudara tuanya.

Memang, segmen motor supersport seperti R6 kurang menyumbang penjualan secara global. Namun, pabrikan Iwata ingin agar R6 tetap eksis dengan penyegaran rutin.

Menyoal dapur pacu, pabrikan berlogo garpu tala tampaknya tidak mempersiapkan mesin baru dengan kapasitas yang lebih besar. Yamaha masih setia dengan mesin lama R6 berkapasitas 600 cc.

Kabar ini pun membantah rumor jika tahun depan Yamaha juga akan memasarkan R6 bermesin 3 silinder 675 cc. Sebelumnya, Yamaha dikabarkan ingin membangun varian baru R6 dengan mesin tiga silinder untuk akselerasi yang jauh lebih sempurna.

Meskipun demikian, performa R6 kemungkinan besar akan meningkat melalui beragam perangkat berbasis elektronik yaitu kontrol traksi multi level, kontrol wheelie, antilock braking system (ABS), dan suspensi semiaktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini