Sukses

Punya Yamaha V-Ixion, Komstir Oblak Itu Niscaya

Salah satu biker mengatakan bahwa kerusakan komstir pada Yamaha V-Ixion adalah keniscayaan.

Liputan6.com, Depok - Yamaha V-Ixion adalah rajanya motor sport 150 cc di Indonesia. Tahun lalu, mereka merajai segmen tersebut dengan total penjualan mencapai 275.261 unit. Meski begitu, motor ini bukan tanpa cela.

Salah satu masalah yang kerap menghantui pemilik V-Ixin adalah komstir (komponen penstabil stang motor) oblak. Bahkan, salah satu pemiliknya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan keniscayaan.

"Kalau miara V-Ixion komstir oblak itu niscaya," ujar bikers V-Ixion yang tidak mau disebutkan namanya kepada Liputan6.com, Selasa (24/5/2016).

Biker tersebut mengatakan, gejala komstir V-Ixionnya rusak pada usia kendaraan memasuki 2 tahun. "Padahal waktu itu masih 10 ribu km," tambahnya.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Hendra, Kepala Mekanik bengkel Suba Motor yang ada di Depok, Jawa Barat. "Kalau dibanding V-Ixion lama, memang lebih `rewel`. Mungkin memang dari segi bahannya lebih jelek," ujar Hendra.

Untuk diketahui, beberapa gejala komstir oblak adalah ban terasa ngebuang saat belok, apalagi saat melewati jalanan rusak atau tidak rata. Dalam kondisi seperti itu, muncul bunyi `duk..duk` pada bagian setang.

Untuk memperbaiki komstir, konsumen perlu uang ratusan ribu rupiah. Hendra tidak tahu persis berapa harganya. Tapi menurut beberapa sumber online, harga komstir orisinal bisa mencapai Rp 250 ribuan.

Paket komstir Yamaha V-Ixion sendiri terdiri dari plane bearing, ball race-kit, seal steering, dan bearing steering upper.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.