Sukses

Mazda CX-9 Pakai Rem Canggih Bikinan Hitachi

Rem parkir garapan Hitachi bekerja melalui mekanisme propulsi otomatis.

Liputan6.com, Tokyo - Mazda Motor Corporation resmi menunjuk Hitachi Automotive System sebagai penyedia rem parkir elektrik untuk Mazda CX-9. Peranti garapan Hitachi tersebut bakal menggantikan rem parkir konvensional.

Rem parkir pada Mazda CX-9 memiliki ukuran yang kompak, bobot yang ringan, suara yang tidak bising. Rem tersebut bekerja melalui mekanisme propulsi otomatis yang efisien, demikian dilansir Responsejp.

Mazda mulai menggunakan teknologi rem parkir elektrik pada CX-9 sejak Januari 2015. Rem parkir elektrik juga akan digunakan pada CX-5 yang menjadikannya sebagai crossover pertama dengan teknologi rem otomatis.

Pabrikan otomotif mulai beralih ke sistem rem parkir elektrik yang yang diaktifkan secara otomatis. Rem parkir elektrik bekerja dengan motor kompak yang mengendalikan rem saat kendaraan berjalan.

Rem parkir elektrik memiliki tingkat keselamatan lebih baik karena bekerja secara otomatis mengikuti kondisi berkendara. Teknologi ini bisa meminimalisir terjadinya human error saat pengereman.

Hingga saat ini rem parkir di sebagian besar mobil masih difungsikan menggunakan tuas atau pedal yang dihubungkan melalui kabel kawat. Sistem rem parkir konvensional berkontribusi terhadap kecelakaan mobil akibat kelalaian pengemudi, atau situasi berkendara yang membuat rem tidak bekerja semestinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini