Sukses

Solusi Otomotif: Keluhan Lampu Rem Kanan Avanza Sering Mati

Saya punya Avanza tahun 2014, saya sering sekali melihat di jalan Avanza lain yang tahunnya sama rem kanan mati. Ternyata baru kemarin saya juga mengalami hal serupa. Saya ingin tanya apakah itu karena bohlam lampu yang putus apa terjadi korsleting? Mohon penjelasan dan solusinya. -Daniel-

Terima kasih atas pertayaannya Pak Daniel.  Mengenai lampu rem Avanza sebelah kanan mati sangat mungkin terjadi pada setiap sistim lampu-lampu di kendaraan. Kebetulan saja Pak Daniel mengamati dan melihat Avanza dengan tahun yang sama mati sebelah kanan.

Sistim kelistrikan lampu pada  Avanza menggunakan rangkaian paralel kemudian masing masing rangkaian menggunakan fuse (sekring) yang berfungsi sebagai pencegah hubungan pendek (korsleting listrik) pada rangkaian tersebut.

Bila dideteksi ada konsleting, fuse secara otomatis akan putus agar arus positif baterai juga terputus menghindari terjadinya kebakaran. Sehingga putusnya bohlam lampu rem sangatlah wajar.

Adapun, tidak ada perawatan khusus bohlam lampu rem. Untuk mengganti cukup menggunakan obeng (+) lepas baut lampu rem belakang kanan kemudian dilepas bohlam yang putus dengan standar Watt yang sama. Selamat mencoba dan memeriksa bolam rem kendaraan Avanza Pak Daniel.

Terima Kasih
Salam

 

H Agus Mustafa

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir ia pernah menyabet juara 1 di ajang `National Toyota Technicians Skills Contest` dan menjadi wakil Toyota Indonesia di ajang 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini