Sukses

Duo Jenama Otomotif Jerman Pilih Thailand

Dua jenama mobil Jerman, Volkswagen (VW) dan BMW, akan mendirikan kantor pembelian internasional di Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Dua jenama mobil Jerman, Volkswagen (VW) dan BMW, akan mendirikan kantor pembelian internasional di Thailand. Kantor ini akan menjadi penyedia suku cadang untuk pasar global.

Khusus untuk VW, sebelumnya mereka punya kantor yang sama di Kuala Lumpur, Malaysia. Tapi karena berbagai pertimbangan, mereka akhirnya pindah. Kantor ini dijadwalkan akan mulai beroperasi pada Agustus.

Menurut Noshir Desai, Manajer Umum Pengadaan VW ASEAN, Thailand dirasa lebih menguntungkan ketimbang Malaysia. Thailand, misalnya, adalah rumah bagi 700an perusahaan pemasok VW, sementara di Malaysia hanya ada 200.

"Pindah ke Thailand akan lebih dekat dalam melakukan bisnis dengan pemasok kami," ujar Desai, dikutip dari Bangkok Post, Senin (30/5/2016).

Saat ini VW telah beroperasi di empat negara ASEAN, Thailand, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Khusus yang terakhir, penjualannya memang tak terlalu baik. Mereka kalah bersaing dengan pabrikan asal Jepang.

Sementara Kepala Pembelian BMW Group Thailand, Carsten Mueller-Deiters, mengatakan bahwa kantor BMW akan mulai beroperasi di Thailand, tepatnya di Bangkok, pada 1 Juni nanti.

Diharapkan, pembukaan kantor baru ini dapat meningkatkan ekspor CBU (utuh) mereka ke seluruh dunia, terutama ke Tiongkok.

"Manufaktur di Rayong (Thailand) diharapkan bisa merakit 16 ribu mobil BMW tahun ini dan 20 ribu di tahun depan untuk penjualan domestik dan ekspor," ujar Mueller-Deiters.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini