Sukses

Sisi Menarik Pemotor di Vietnam

Liputan6.com, Ho Chi Minh City - Di Indonesia, kita terbiasa melihat sepeda motor lalu lalang, beradu cepat dengan mobil dan kendaraan lain. Jenisnya pun beragam. Dari mulai skutik, hingga bebek dan motor sport.

Pemandangan berbeda ada di Vietnam, negara tetangga Indonesia yang dibatasi oleh Laut China Selatan. Di negara ini, sedikit sekali yang menggunakan motor sport.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Senin (30/5/2016), di jalanan Ton Duc Thang, Ho Chi Minh City, Vietnam, sepeda motor didominasi oleh segmen skutik seperti Yamaha Nuovo, Honda Vision, dan Piaggio Liberty.

Ini juga dapat dilihat di jalanan sekitar Liberty Central Riverside Hotel seperti Dong Khoi Street dan Nguyen Hue Street.

Statistik umumnya pun mengkonfirmasi hal ini. Menurut laman Vietnambreakingnews, pasar skutik menguasai 53 persen penjualan sepeda motor tahun lalu, naik 3 persen dibanding 2014.

Pada 2014, penjualan skutik di Vietnam mencapai 45 persen, sementara setahun sebelumnya hanya 37 persen. Itu artinya, penjualan segmen ini memang naik drastis. Fenomena ini terjadi di Indonesia pada awal 2000an.

Dari jumlah tersebut, Honda menguasai pasar dengan market share sebanyak 70 persen. Market share skutik mencapai 54 persen dari total penjualan pabrikan asal Jepang tersebut.

Yang menarik dari Ho Chi Minh City adalah kita masih mudah menemui orang menggunakan motor bebek `jadul` seperti Honda Cub, bahkan di kalangan anak muda sekalipun. Ini berbeda dengan Indonesia, di mana anak mudanya sudah meninggalkan motor jadul dan memilih motor skutik dan sport.

Soal kepadatan, pantauan sekilas kami di Ho Chi Minh City lalu lintasnya tak sepadat Jakarta. Padahal, kota yang dekat delta Sungai Mekong dan dulu bernama Saigon ini adalah kota terbesar di Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.