Sukses

Mobil Formula 1 Musim Depan Pakai 'Tameng'

Desain HALO terbaru lebih ramping dan pipih ketimbang versi awal.

Liputan6.com, Paris Fédération Internationale de l'Automobile (FIA) resmi memutuskan bila HALO jadi perangkat perlindungan kokpit di mobil Formula 1. Penggunaan HALO akan dimulai pada balap musim 2017 seiring pergantian desain pada mobil.

Para direktur teknis seluruh tim F1 sempat mengadakan pertemuan dengan Charlie Whiting yang mewakili FIA untuk membahas regulasi teknis. Keputusan FIA sekaligus menyudahi perdebatan antara HALO dengan aeroscreen ciptaan tim Red Bull.

Aeroscreen sebenarnya lebih favorit ketimbang HALO di mata fans. Namun, regulasi yang telah disahkan menekan tim untuk membuat 'tameng' pelindung pembalap tersebut di mobil F1 yang dipakai berlaga, demikian dilansir Autosport.

FIA juga masih membuka diri terhadap penggunaan aeroscreen untuk jangka panjang, atau setidaknya mulai musim 2018. Kurangnya pengujian aeroscreen membuat FIA akhirnya lebih merekomendasikan HALO.

Alat pelindung itu pun menuai komentar negatif saat pertama kali diperkenalkan. Pada versi baru, HALO menjadi lebih ramping dan pipih. 

Saat ini baru Ferrari yang menggunakan perangkat hasil modifikasi HALO. Tim berlogo kuda jingkrak tersebut memakai selama uji coba pra-musim di Barcelona, dan tameng ini dijadwalkan untuk uji keselamatan lanjutan pada 24 Juni mendatang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.