Sukses

Sepeda Motor `Hantu` Garapan Amerika

Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) berambisi menciptakan motor senyap untuk operasi militer.

Liputan6.com, California - Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) berambisi menciptakan motor senyap untuk operasi militer.

Sejak 2014, mereka fokus menggarap motor perang dan akhirnya dua purwarupa mejeng di Tampa Convention Center,  yang merupakan bagian dari Tampa Convention Center, part of the National Defense Industrial Association’s Special Operations Forces Industry Conference.

Dua purwarupa itu dinamai Silent Hawk garapan Logos dan Nighmare garapan LSA Autonomy. Demikian dilansir dari Defensone, Senin (30/5/2016). Dikatakan, kedua motor itu hadir dengan mesin hibrida multi-fuel berteknologi paling mutakhir yang bisa meminum bahan bakar JP-8, Jet A-1, mesin, dan propana.

Bahkan Alex Dzwill, teknisi Logos mengklaim motor ini bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai bahan bakar. "Secara teori iya (bisa)," katanya.

Tentu saja, untuk menunjang aksi senyap. Motor ini juga mengadopsi sebuah modus yang memungkinkan motor mengeluarkan suara di bawah 55 desibel. Kemampuan ini berkat penerapan motor listrik yang disokong baterai lithium-ion.

"Motor menggunakan baterai dengan kepadatan tinggi. Kemudian adapula sistem pendinginan aktif di dalamnya yang menjamin tidak akan terjadi kegagalan sel pada baterai," Dzwill menambahkan.

Adapun, Nightmare punya bobot sekira 181 kg semetara Silent Hawk 158 kg. Kedua motor ini memiliki fitur penggerak roda depan dan belakang. Meskipun Nightmare punya tenaga yang lebih besar daripada Silent Hawk, yakni 17 Tk di depan dan 125 Tk di belakang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini