Sukses

Honda Ciptakan AC `Portable` untuk Pemotor

Liputan6.com, New Delhi - India sekarang tengah mengalami puncak musim panas. Berbeda dengan mobil yang tinggal menyalakan penyejuk udara, tingginya temperatur hingga lebih dari 40 derajat Celcius sangat mengganggu kenyamanan para pemotor.

Atas dasar itu, Honda menciptakan sejenis AC bagi para pemotor. Dilansir Bikeadvice, pabrikan berlogo sayap mengepak telah mengajukan paten sistem pendingin udara tersebut.

Dijelaskan, alat ini bekerja dengan meniupkan udara dingin ke dalam jaket pemotor hingga bagian dagu. Udara dihisap melalui intake di sisi samping kemudian didinginkan dan ditiupkan ke tubuh pemotor.

Perangkat ini juga sedikit berbeda dari alat bernama Entrosys BikeAir yang diluncurkan sekira lima tahun lalu. BikeAir bekerja menggunakan energi listrik dari baterai sepeda motor dan mendorong udara ke pemotor melalui sebuah pipa.

Melalui diagram terlihat bila AC buatan Honda bekerja dengan tenaga dari baterai. Terdapat resleting yang berfungsi membuka bagian dalam komponen untuk memeriksa baterai atau membersihkan blower.

AC portable ini juga bisa ditambahkan es bila suhu menjadi sangat panas. Namun demikian, kepraktisan alat ini masih dipertanyakan sebelum akhirnya benar-benar diproduksi massal.

Kelemahan yang jadi perhatian utama pada penyejuk udara ini yaitu kinerjanya apakah tetap maksimal selama perjalanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.