Sukses

Body Kit Berbahan Fiberglass Apakah Lebih Bagus dari Plastik?

Bahan yang digunakan untuk body kit bermacam-macam, ada yang fiberglass, plastik, atau polyurethane.

Liputan6.com, Jakarta Memasang body kit jadi salah satu cara untuk meningkatkan penampilan mobil kesayangan. Bahan yang digunakan untuk body kit bermacam-macam, ada yang fiberglass, plastik, atau polyurethane.

Uun, selaku pemilik toko Oto Spoiler yang berada di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat menjelaskan, material fiberglass lebih bagus ketimbang plastik. Alasannya, material plastik yang bukan asli dari pabrikan bahannya kurang kuat.

"Ini kami bikin sendiri, bahannya fiberglass. Body kit plastik yang banyak beredar itu abal-abal, tipis, dan kalau terbentur sedikit, pecah. Kecuali kalo plastik polyurethane keluaran Toyota itu bagus," tuturnya pada Liputan6.com.

Ia menjelaskan bila kekuatan fiberglass dan polyurethane sama, perbedaan hanya di finishing, saat pengecatan. Adapun untuk bahan plastik non polyurethane hasilnya banyak gelombang dan sulit untuk di dempul saat pembuatan.

"Kalau ngecatnya pakai oven nggak bisa dibedain antara fiberglass dan polyurethane. Keunggulannya kalau plastik orisinal lebih kuat, sedangkan untuk fiberglass bila pecah bisa di servis," ungkapnya.

Uun berujar bila material fiberglass pada body kit buatannya cukup kuat dan tahan lama. Ia mengklaim kekuatannya bisa mencapai 15 tahun.

"Ini daya tahannya lama, 10 sampai 15 tahun kuat. Pelanggan kami yang lama banyak yang masih pakai," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini