Sukses

4 Trik Bikin Mobil Anti Maling

Fitur keamanan mobil sangat penting untuk memastikan rasa tenang dan terhindar dari modus pencurian kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta Maraknya kasus pencurian mobil, membuat kita harus meningkatkan kewaspadaan saat meninggalkan mobil. Pencurian bisa terjadi di mana saja.

Untuk itu, ada baiknya kita melakukan pencegahan agar merasa tenang dan terhindar dari berbagai modus pencurian. Memasang alat pengaman tambahan juga bisa menjadi solusi jitu untuk menjaga mobil dari niat jahat pencuri.

Alat pengaman ‘anti maling’ ada bermacam-macam, mulai dari yang sederhana hingga memakai teknologi terbaru. Berikut ulasannya:

1. Kunci Setir

Alat yang paling sederhana ini bisa Anda dapatkan di toko aksesoris mobil. Cara pemasangannya cukup mudah, Anda tinggal memasang melintang pada setir sehingga roda kemudi agar tidak bisa bergerak. Sekarang, perangkat ini juga dikembangkan pada roda dan pedal.

2. Alarm Mobil

Alarm mobil menjadi alat yang paling populer untuk keamanan mobil. Perangkat ini akan berbunyi saat mobil dibuka paksa ataupun mendapat getaran maupun goyangan. sejumlah merek alarm ada yang lebih sensitif, suara keras pun dapat mengaktifkannya.

3. Pelacak GPS

Anda bisa memantau keberadaan mobil dengan pelacak GPS. Perangkat ini akan terhubung ke satelit, sehingga Anda akan mendapatkan sinyal keberadaan mobil Anda. Kerennya Anda juga bisa mematikan mobil hanya dengan mengirimkan pesan atau menelepon lewat handphone.

4. Immobilizer

Perangkat ini akan mencocokan kode pada kunci dan kode yang tersimpan pada perangkat mobil. Jika kodenya tidak cocok, mesin tidak akan menyala, begitu pula jika kunci yang dipakai berbeda.

Untuk memudahkan Anda, perangkat Immobilizer sudah bisa didapati di Toyota Avanza generasi terbaru. Kunci mobil Avanza memiliki sebuah chip yang bisa membuat modul komputer mendeteksi kesesuaian kunci yang digunakan. Jika kunci yang digunakan tidak sesuai, maka mesin tidak akan menyala.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.