Sukses

Mesin V8 3,9 Liter Ferrari Dinobatkan Jadi yang Terbaik Sejagad

Mesin V8 3,9 liter, twin turbo, milik Ferrari 488 GTB dan 488 Spider dianggap sebagai mesin mobil terbaik oleh di Engine of the Year Award.

Liputan6.com, Stuttgart - Mesin V8 3,9 liter, twin turbo, milik Ferrari 488 GTB dan 488 Spider dianggap sebagai mesin mobil terbaik oleh Engine of the Year Award. Penghargaan diberikan di pameran Engine Expo, Stuttgart, Jerman.

Melansir Autocar UK, mesin V8 ini menjadi yang terbaik di kategori Performance Engine, New Engine, dan mesin 3,0 sampai 4,0 liter.

Mesin buatan pabrikan Italia ini dinilai punya kinerja di atas rata-rata. Selain itu, yang lebih penting adalah mesin ini dianggap menghadirkan kemajuan yang sangat signifikan dibanding pendahulunya yang naturally aspirated.

"Ini adalah lompatan jauh untuk mesin turbo dalam hal efisien, kinerja, dan fleksibilitas," ujar Graham Johnson, ketua Engine of the Year Award, menjelaskan mengapa 63 juri memilih mesin ini.

Mesin tersebut dianggap tidak memiliki cacat sama sekali. Konsumsi bahan bakarnya di atas kertas adalah 10,5 km/liter, dengan emisi gas buang 260 gr/km.

Ini bukanlah kali pertama Ferrari memenangkan penghargaan serupa. Pada 2011, mesin V8 4,5 liter yang disematkan pada model 458 Italia juga menjadi Best Performance Engine dan mesin 4,0 liter terbaik.

Selain Ferrari, di acara yang sama Ford berhasil memenangkan satu kategori. Mesin EcoBoost mereka menjadi yang terbaik di kelas 1 liter. Ini adalah penghargaan ketiga yang mereka peroleh berturut-turut sejak 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini