Sukses

Demi Kecerdasan Buatan, Honda Buka Laboratorium di Tokyo

Honda Motor berencana mendirikan basis penelitian di Tokyo, Jepang, dengan fokus pada subjek kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Liputan6.com, Tokyo - Honda Motor berencana mendirikan basis penelitian di Tokyo, Jepang, dengan fokus pada subjek kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Melansir Asia Nikkei, Kamis (2/6/2016), pemilihan lokasi riset di negara asal ini punya tujuan tersendiri. Honda merasa dengan memilih Jepang, perekrutan tenaga ahli dan bekerja sama dengan berbagai sektor bisnis lain bisa lebih mudah. 

Sejauh ini, pusat riset dan pengembangan Honda sudah ada di empat lokasi. Dua di Amerika Serikat (AS), satu di Eropa, dan satu lagi di Jepang.

Adapun pemilihan fokus riset kecerdasan buatan merupakan antisipasi Honda. Menurut mereka, di masa mendatang kebutuhan akan AI akan semakin meningkat, terutama untuk memenuhi kebutuhan mobil otonomos.

Kecerdasan buatan sendiri adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mencoba membuat mesin bisa memecahkan masalah layaknya manusia. Cara manusia berpikir dicontoh untuk kemudian diterjemahkan menjadi algoritma.

Beberapa cabang ilmu yang berkaitan dengan kecerdasan buatan adalah matematika, fisika, IT, bahkan hingga psikologi dan biologi.

Beberapa fokus yang akan diteliti di pusat riset kecerdasan buatan Honda ini adalah gambar dan pengenalan suara, software control, dan deep learning. Pusat riset ini akan didukung oleh lebih dari 100 staf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini