Sukses

Kapan Waktu Ideal Servis Motor Untuk Mudik?

Pemotor mulai mempersiapkan tunggangan untuk perjalanan jauh ke kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta Seperti tradisi di tahun-tahun sebelumnya, banyak masyarakat Indonesia mudik Lebaran dengan mengendarai sepeda motor. Pemotor mulai mempersiapkan tunggangan untuk perjalanan jauh ke kampung halaman.

Jumlah pemudik dengan sepeda motor cukup besar membuat bengkel akan ramai jelang Lebaran.WedjiantoWidarso,GeneralManagerTechnicalServiceDivision PTAstraHonda Motor mengimbau kepada para pemudik untuk servis rutin sejak jauh hari.

"Mestinya dari sekarang ini, awal-awal puasa bisa. Peak-nya bengkel 2 minggu sebelum Lebaran," kata Wedjianto, Kamis (2/6).

Wedijanto menjelaskan faktor yang harus diperhatikan untuk  motor yang dipakai mudik Lebaran antara lain kondisi mesin dan rem yang harus prima. Selain itu, ia mewanti pemudik agar kondisi kembang ban masih tebal.

"Ban harus jangan gundul, terus mesinnya harus fit sama remnya juga. Yang wajibnya ban, oli, sama rem itu," tuturnya.

Ia mengingatkan pemudik mengganti oli sebelum perjalanan jauh. Penggantian oli juga dapat dilakukan setibanya di kampung halaman.

"Ganti oli sih wajib sebenarnya. Kan dia misalnya perjalanan Jakarta - Surabaya bolak-balik sudah 1500 km. Kalau sampai, ganti oli aja," kata Wedjianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini