Sukses

Kapasitas Sama, Ini yang Bikin Tenaga Mesin New Brio Naik

Muhamad Zuhdi Service Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) menuturkan, mesinnya kini bisa menyemburkan tenaga 90 PS, atau naik 2 PS.

Liputan6.com, Cibodas - New Honda Brio dan Brio Satya mendapat penyegaran di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Sejumlah ubahan diusung mobil ini, termasuk mesin yang diklaim lebih bertenaga.

Muhamad Zuhdi Service Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) menuturkan, mesinnya kini bisa menyemburkan tenaga 89 Tk, atau naik sekitar 2 Tk dari generasi sebelumnya. 

"MesinnewHondaBrio naik dari 87 Tk jadi 89 Tk. Meskipunkapasitasnya sama 1,2 liter," kata dia.

Agar tenaganya naik, Honda, lanjut Zuhdi melakukan sejumlah ubahan pada mesin. Penerapan piston pattern coat untuk meningkatkan ketahanan aus piston dan dinding silinder. "Ini diterapkan untuk mengurangi friksi."

Mesin 1,2 liternya juga menerapkan molybdenum shot coating pada main bearing, intake manifold berbahan plastik untuk memangkas bobot dan colling control spacer yang diaplikasikan untuk menjaga temperatur mesin.

Sementara itu, new Brio dan Satya kini juga telah mengabut sistem transmisi otomatis (CVT). Sehingga, akselerasi mesin jadi halus. "Beda dengan otomatis AT yang masih ada gejala shock shift. Di CVT lebih halus," ia menambahkan.

Sekadar informasi, New Honda Brio dan Satya usung mesin i-VTEC 1,2 liter yang menjanjikan tenaga 89 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.