Sukses

Slot Parkir Mobil Khusus Wanita di China Ukurannya Melar

Ruang parkir untuk wanita 1,5 kali lebih besar dari versi normal.

Liputan6.com, Beijing - Sebagian perempuan kurang cakap dalam hal memarkir mobil. Kesannya seolah jadi parkir mobil asal-asalan dan tidak teratur. Melihat kondisi tersebut, dewan kota Hangzhou di China mulai menyediakan parkir khusus perempuan.

Dilansir Autoblog, slot parkir ini ditandai dengan garis merah muda dan terdapat simbol perempuan. Ukuran ruang parkir ini 1,5 kali lebih besar dari versi normal.

"Ruang parkir yang lebih besar khusus untuk pengemudi perempuan dengan keterampilan mengemudi yang tidak biasa. Ini ukuran manusiawi," kata Pan Tietong, selaku pengelola parkir.

Adanya slot parkir khusus ini malah menimbulkan perdebatan di media sosial. Salah seorang netizen mengunggah foto slot parkir khusus wanita ke jejaring sosial Sina Weibo perihal ukuran yang tidak lazim.

"Ini adalah diskriminasi gender mengatasnamakan kepedulian. Apakah seseorang dapat parkir tergantung dari kemampuan mengemudi, bukan jenis kelamin. Slot ini seharusnya untuk pengemudi pemula," kata netizen mengomentari.

Tietong mengatakan bila slot parkir khusus wanita hanya ada delapan dari 361 tempat parkir. Slot ini hanya diberikan kepada perempuan yang sengaja meminta kepada petugas parkir. Apabila mereka cukup percaya diri dengan kemampuan mengemudinya maka dipersilakan untuk parkir di lokasi biasa.

Untungnya, tidak semua netizen menanggapi parkir khusus wanita ini secara negatif. Menurut survei yang dilakukan, 67 persen responden menyebut bila pihak dewan kota melakukan sesuatu yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.