Sukses

Tanpa Gembar-gembor, Honda Perkenalkan Mobil Semi Otonomos

Honda Motor Co memamerkan prototipe mobil otonomos Rabu lalu, di fasilitas uji coba GoMentum Station, California, Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, California - Honda Motor Co memamerkan prototipe mobil otonomos Rabu lalu, di fasilitas uji coba GoMentum Station, California, Amerika Serikat (AS).

Fasilitas bekas zona amunisi Angkatann Laus AS ini punya luas sekira 2.000 hektar, dan terdiri dari 32 kilometer jalan beraspal dan terowongan. Beberapa pabrikan lain melakukan uji coba mobil otonomos di tempat ini.

Dipamerkannya mobil ini sebetulnya cukup mengagetkan, mengingat Honda kurang gembar-gembor soal pengembangan mobil otonomos layaknya pabrikan lain seperti Toyota dan General Motors.

"Kami terikat janji dan memberikan lebih dari sekadar janji. Ada banyak janji yang dibicarakan banyak pabrikan," ujar Jim Keller, chief engineer for Honda Research and Development Americas, dikutip dari Reuters, Jumat (3/6/2016).

Menurut mereka, pengembangan mobil semi otonomos tidak akan difokuskan pada model-model mewah sebagaimana pabrikan lain. "Ini adalah pembeda yang unik dari Honda, yang telah berkomitmen untuk memberikan konsep keselamatan pada semua orang," tambah Keller.

Pada mobil prototipe ini, Honda menyematkan beragam fungsi keselamatan mutakhir, termasuk forward-collision warning, lane-departure warning, dan lane-keeping assist. Fitur ini telah disematkan pada model terbaru seperti Acura dan Civic 2016.

Diharapkan, mobil semi otonomos ini akan membuka jalan bagi mobil full otonomos yang diprediksi akan mengaspal di jalan raya pada 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.