Sukses

Ini yang Bikin MotoGP 2016 Kian Seru

Tim pabrikan dengan satelit sama-sama menggunakan software ECU serupa.

Liputan6.com, Paris - Balap MotoGP musim ini semakin kompetitif karena aturan penyeragaman software serta pemasok ECU. Dorna selaku penyelenggara balap kembali menunjuk Magneti Marelli sebagai pemasok tunggal ECU pada musim 2016.

ECU Magnetti Mareli AGO 340 digunakan sejak MotoGP Jerez 2013. Setting-an ECU yang disebut Unified Software musim ini berbasis software Open Bike pada tim satelit.

Praktis, standar ini membuat tim pabrikan dengan satelit menggunakan software ECU yang sama. Tim pabrikan tidak bisa menggunakan setting-an sendiri yang bersifat rahasia dan tidak ada pada tim satelit. Balapan dijanjikan pun bakal kian seru.

Dijelaskan, aturan berlaku sejak balap MotoGP Jerman musim 2015. Saat itu, tim pabrikan tak lagi diperkenankan mengutak-atik software ECU hingga sisa musim balapan.

"Setiap tim yang balapan di Jerman hanya menggunakan satu setting-an software terakhir sebelum dibakukan menjadi standar. ECU akan disegel dan disimpan sebagai acuan software setting-an tim itu," begitu bunyi aturan yang dilansir dari Crash.

Ketika terjadi bug atau masalah pada software ECU, pabrikan harus mengajukan ke direktur teknis dan memberikan penjelasan terkait alasan ubahan yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah.

Sehingga, MotoGP tahun ini bisa dibilang mengandalkan ECU standar. "ECU milik pabrikan seperti tahun lalu memakai sistem adaptif yang menyesuaikan setelan secara otomatis terhadap kondisi ban dan konsumsi bensin. Itu tak bisa lagi dilakukan di ECU standar," kata Direktur Teknologi MotoGP, Corrado Cecchinelli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini