Sukses

'Mesin Waktu' DeLorean DMC-12 Makin Bertenaga

DeLorean DMC-12 merupakan mesin waktu ciptaan Dr. Emmett "Doc" Brown.

Liputan6.com, California - Penggemar film fiksi berjudul Back To The Future tentu tidak asing dengan sosok DeLorean DMC-12. Mobil futuristik yang dibangun dari material aluminium ini menjadi mesin waktu ciptaan Dr. Emmett "Doc" Brown.

DeLorean selaku produsen resmi membawa DMC-12 ke abad 21, alias memproduksi kembali. Versi terbaru DMC-12 akan mengusung mesin yang dua kali lebih bertenaga ketimbang versi awal.

Dilansir Autoevolution, mesin baru yang sedang dipertimbangkan untuk jantung penggerak DMC-12 yaitu V6 3,7 liter Ti-VCT dari Ford serta V6 3,6 liter LGX buatan General Motors. Adapun versi awal DMC-12 saat itu memakai mesin V6 2,85 liter bikinan Peugeot-Renault dengan output 130 Tk.

Pabrikan asal Amerika Serikat (AS) ini juga melirik mesin milik Chevrolet Camaro, empat silinder 2,0 liter LTG turbo atau empat silinder 2,3 liter EcoBoost milik Ford Mustang.

"Kami telah mempelajari bila produksi akan dimulai pada kuartal II di 2017 jika semuanya berjalan sesuai rencana. Untuk 12 pertama produksi, kami akan batasi sebanyak 12 unit selagi menyempurnakan proses perakitan dengan mesin baru, sistem elektrik, dan kemampuan berkendara," kata James Espey, Wakil Presiden DeLorean Motor Company.

DeLorean menjatah produksi DMC-12 setahun paling banyak 50 unit. Untuk harga jual versi terbaru dari 'mesin waktu' ini mencapai US$ 100 ribu atau sekira Rp 1,32 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.