Sukses

Komentar Pabrikan India Soal Pikap Esemka

Liputan6.com, Jakarta - PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) selaku produsen mobil Esemka, rencananya akan mulai memproduksi mobil mulai April tahun ini, dengan target penjualan pada Agustus nanti.

Menurut Managing Director PT ACEH, Hosea Sanjaya, mobil pertama yang akan mereka buat adalah pikap bermesin 1.000 cc dan 2.000 cc. Keduanya disebut akan menyasar pasar pedesaan.

Rencana ini tentu mengganggu `pemain lama.` Salah satunya adalah Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI), Agen Pemegang Merek (APM) Tata Motors di Indonesia, yang memang fokus pada mobil komersil dan pasar pedesaan.

Lantas, apa pendapat TMDI soal pikap Esemka ini? Manager Brand Commercial Vehicle TMDI, Wilda Bachtiar, mengatakan bahwa tidak semudah itu Tata Motors akan terganggu dengan pemain baru seperti Esemka.

"Kalau buatan anak negeri tentu ikut bangga. Tapi bisnis otomotif bukan hanya sekadar bisa buat mobil. Bisnis otomotif itu jauh lebih kompleks," ujar Wilda di sela acara buka puasa bersama yang digelar di kawasan Pondok Indah, Jakarta, Rabu (9/6/2016).

Menurutnya, perlu persiapan matang agar bisa berhasil di industri otomotif Indonesia. Dari mulai hulu seperti dealer dan harga mobil yang terjangkau, hingga layanan after market seperti ketersediaan suku cadang dan servis.

"Sementara kita memang tidak tahu mereka di dalamnya seperti apa," ujar Wilda. Ia juga menambahkan, bagi TMDI kehadiran merek baru apapun tidak akan dianggap sebagai kompetitor yang perlu ditakuti.

"Bagi Tata Motors kompetitor bukan kompetitor, tapi teman main saja," tutup Wilda.

Artikel Selanjutnya
Takata Bermasalah, Toyota Ganti Vendor Airbag?
Artikel Selanjutnya
Produk Baru Maserati Segera Mengaspal