Sukses

Merasakan Kelincahan Kawasaki KLX150 Khusus Off Road

New KLX150 mendapat beberapa penyesuaian seperti tidak adanya lampu atau speedometer.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah meluncurkan New KLX150. Motor trail ini merupakan versi off-road only dengan beberapa penyesuaian seperti tidak adanya lampu atau speedometer.

Usai peluncuran, Kawasaki mengajak media beserta komunitasnya untuk merasakan performa dari New KLX150 di Sirkuit Trail Pagedangan, BSD, Tangerang Selatan. Kawasaki sengaja memilih lokasi tersebut karena ingin membuktikan performa New KLX150 melahap medan naik-turun dengan seluruhnya dari tanah liat.

Sayangnya, awak media diberi kesempatan test ride hanya satu putaran sehingga tidak bisa mengeksplorasi secara maksimal kemampuan New KLX150.

Impresi berkendara

New KLX150 memiliki dimensi yang sama seperti versi jalanan, dengan tinggi jok 860 mm. Motor ini tampak tinggi bila dalam kondisi tidak ditunggangi, Liputan6.com yang memiliki tinggi 174 cm masih bisa menjejak ke tanah namun saat menungganginya.

Ini disebabkan karakter suspensi belakang New KLX yang empuk menyesuaikan habitat motor di medan yang sulit. Suspensi belakang langsung menyesuaikan ketinggian saat menerima beban pengendara.

New KLX150 memiliki dimensi yang ramping, sehingga sangat lincah saat meliuk-liuk di atas tanah. Jarak setang yang cukup dekat dengan ukuran yang lebar membuat pengendara dapat dengan lincah mengendalikan motor trail ini dan tidak cepat pegal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Performa

New KLX150 mengusung mesin satu silinder berkubikasi 144 cc dengan output 8,3 kw/8.000 rpm dan torsi 12 Nm/6.500 rpm. Beberapa penyesuaian dilakukan Kawasaki seperti menggunakan gear belakang yang berukuran lebih besar (57/13).

Motor ini pun dengan mudah melahap tanjakan dengan kemiringan cukup terjal, hingga 60 derajat. Mesin pun cukup responsif dengan torsi yang konstan mengisi saat melahap tanjakan terjal.

Mesin ini juga tidak menghentak saat butuh engine brake ketika melewati turunan. Reduksi tenaga yang halus membuat motor tetap terkendali saat melahap jalan tanah.


Handling

Kelincahan jadi nilai lebih pada New KLX150. Pengendalian motor trail ini sangat lincah dengan setang yang enteng ketika berbelok di lintasan berliku dengan medan tanah liat.

Pengereman pun terbukti mumpuni karena cukup pakem meskipun menggunakan piringan cakram berukuran standar. Berbekal ban pacul dengan kembangan yang lebih besar dari KLX150 versi jalanan, motor ini tetap menjejak saat melahap tanah yang lembab dan sedikit basah.

Suspensi New KLX150 patut diacungi jempol karena sangat empuk, sehingga nyaman ketika melintasi jalur yang tidak rata. Karakter suspensi ini membuat motor nurut ketika melahap jalur tanah yang licin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini