Sukses

Buku Panduan Fiat 124 Spider Dikecam

Konten dalam buku panduan dianggap sebagai sikap yang memperlakukan perempuan tidak pada tempatnya atau Misogyny.

Liputan6.com, Buenos Aires - Buku panduan kendaraan biasanya berisi tips-tips perihal teknis penanganan kendaraan atau cara berkendara. Ada kalanya bahasa yang digunakan dalam buku panduan tidak terlalu baku agar mudah dipahami dan dibaca pemilik.

Namun, penggunaan bahasa yang konyol malah menjadi bumerang bagi Fiat. Raksasa otomotif asal Turin, Italia ini mendapat somasi di Argentina akibat kata-kata yang tidak tepatdalam buku panduan.

Dilansir Guardian, booklet ini menuliskan tips berkendara yang berbunyi," Jika rok perempuan terlalu pendek, kami menyarankan agar ia duduk di kursi belakang selama perjalanan untuk menjaga konsentrasi kita. Jika ia tidak mengenakan rok pendek, namun tangannya suka usil juga harus duduk di belakang."

Lebih parahnya, dalam bagian lain buku itu dituliskan bila perempuan yang ingin mengemudikan Fiat 124 setidaknya harus memiliki kaki yang jenjang.

Buku ini mendapat kritikan keras dari organisasi perempuan yang menganggap apa yang tertulis di dalamnya sebagai bentuk kekerasan terhadap kaum hawa. Kelompok ini juga menyebarluaskan konten seronok itu di jejaring sosial Facebook dengan menyebut sebagai sikap yang memperlakukan perempuan tidak pada tempatnya atau Misogyny.

Pihak Fiat Argentina lantas menarik distribusi buku panduan yang berisi konten tidak layak. Perwakilan Fiat dalam akun Twitter-nya mengatakan konten yang tertulis dalam buku bukan bermaksud untuk berlaku tidak sopan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini