Sukses

Honda Kuasai Pasar Sepeda Motor hingga Mei, Apa Kata Yamaha?

Apa kata Yamaha soal dominannya Honda di penjualan kendaraan roda dua?

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil menguasai pasar roda dua sepanjang lima bulan pertama 2016.

Menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), dengan penjualan sebanyak 1.778.369 unit, Honda mengantungi 72,76 market share. Dengan kata lain, hampir 3/4 motor yang terjual sampai Mei lalu bermerek Honda.

Lantas, apa kata kompetitor terdekat Honda, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), terkait hasil ini? Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT YIMM mengatakan hasil tersebut sebetulnya wajar mengingat sumber daya yang dimiliki Honda.

"Kami bisnis, mereka juga. Pabrik kami hanya ada dua, mereka ada empat. Kapasitas produksi mereka dua kali lipat dibanding kami. Kapasitas finansial kita (Yamaha dan Honda) juga pasti berbeda," ujar Masykur di arena Jakarta Fair Kemayoran belum lama ini.

Yamaha sampai dengan Mei lalu `hanya` berhasil menjual 592.078 unit motor. Meski lebih baik dibanding Kawasaki, Suzuki, dan TVS, segmen sport yang selama ini jadi jagoan Yamaha juga berhasil disalip Honda.

Dari jumlah tersebut, kontributor terbesar adalah skutik baru, Mio Z, yang terjual sebanyak 29.523 unit. Di posisi kedua ada Yamaha NMax yang laku 22.211 unit.

Meski menang telak, Masykur yakin hasil tersebut pasti diperoleh dengan susah payah. "Tim mereka pasti kerja keras untuk penuhi tuntutan investor. Apalagi baru punya model baru. Target penjualannya memang pasti tinggi," tutup Masykur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini