Sukses

Ancol Sulap Daihatsu Gran Max Jadi Perpustakaan

PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk meluncurkan perpustakaan keliling yang disebut 'Mobil Pintar Ancol' di Jakarta, Rabu (15/6/2016).

Liputan6.com, Jakarta - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk meluncurkan perpustakaan keliling yang disebut 'Mobil Pintar Ancol' di Jakarta, Rabu (15/6/2016). Mobil pintar ini dibuat dengan basis Daihatsu Gran Max.

Gatot Setyowaluyo, Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, mengatakan Mobil Pintar Ancol dibuat untuk meningkatkan minat baca anak-anak dan membantu pemerintah di dunia pendidikan.

"Kita tergerak untuk ikut dalam gerakan gemar membaca. Ini CSR agar gerakan tersebut semakin dominan," ujar Gatot dalam pidato pembukaannya.

Untuk mensukseskan visi besar tersebut, Mobil Pintar Ancol tak hanya dilengkapi dengan buku-buku yang cocok dibaca siswa SD dan SMP, tapi juga fasilitas audio visual, serta komputer yang terhubung dengan internet.

Selain stiker menarik, desain mobil juga diubah dengan membuat bagian lambung kendaraan jadi tempat menyimpan buku dan peralatan lain, serta body samping yang dimodifikasi sehingga bisa dibuka.

Perpustakaan keliling ini akan digerakkan ke kantung-kantung masyarakat sekitar Ancol. "Jadi kami yang datang. Setelah Ancol, program ini akan diperluas. Jadi kalau Jakarta ada lima daerah, maka mobilnya pun sebanyak itu," tambahnya.

Dalam pelaksanaanya, program Mobil Pintar Ancol dibantu oleh Komunitas cinta lingkungan dengan konsep edutainment bernama Teens Go Green.

Daihatsu Gran Max pertama kali diproduksi pada 2007 di pabrik Daihatsu yang ada di Karawang, Jawa Barat. Dengan panjang 4 meter dan lebar 1,6 meter, Gran Max punya interior yang luas dan cocok dikonversi jadi perpustakaan keliling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini