Sukses

Solusi Otomotif: Mesin Sepeda Motor Cepat Panas

Pengguna Honda Revo mengeluhkan mesin yang cepat panas dan knalpot yang cepat korosi. Kenapa bisa terjadi?

Saya pengguna Honda Revo produksi 2009. Yang saya mau tanyakan, kenapa kalai dipakai bekendara dengan jarak kira-kira 10 km, mesin panas? Kemudian, knalpot saya selalu bocor dan berkarat. Sejauh ini sudah ganti sebanyak empat kali. Mohon solusinya. -Encu Dwi Widiyanto-


Terima kasih Pak Encu atas pertanyaannya. Pertama saya akan menjawab soal keluhan Honda Revo Anda yang mesinnya cepat panas.

Perlu diperhatikan, ada sejumlah hal yang menyebabkan mesin cepat panas, dan untuk menanganinya ini yang harus dilakukan:

  • Periksa tidak ada kebocoran atau rembesan oli mesin di area blok mesin.
  • Periksa volume oli mesin dan jenis oli. Apakah sesuai dengan spesifikasi pabrik.
  • Tekanan kompresi dipastikan sesuai standar. Tidak boleh kurang atau melebihi standar Apabila tekanan kompresi tinggi, hal ini disebabkan  ruang bakar yang kotor. Sedangkan kompresi rendah, hal ini disebabkan salah satu atau sejumlah part aus, di antaranya piston, ring piston, cylinder comp & valve.
  • Ganti busi jika telah melewati pemakaian 8.000 km.
  • Periksa kerenggangan valve, jika kerenggangan di bawah standar (terlalu rapat), mesin akan menjadi cepat panas.
    - Periksa dan atur karburator, jika komposisi udara lebih banyak daripada bahan bakar (miskin) ini menjadi salah satu penyebab mesin cepat panas.
    - Periksa dan ganti, apabila outer clutch dan weight clutch sudah melewati batas servis (aus).

Nah, untuk masalah knalpot, komponen yang satu ini memang perlu perawatan. Karena posisinya di bawah mesin, memungkinkan kotoran menempel di area knalpot. Kemudian, lingkungan (dekat pantai, air asin) juga mempercepat knalpot keropos.



Salam

Venus Adha
--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.