Sukses

Baut Kerb Sirkuit Azerbaijan Berpotensi Mengoyak Ban

Penyebab kerusakan ini dipastikan bukan sepotong pecahan puing tajam.

Liputan6.com, Baku - Akhir pekan ini balapan Formula 1 akan berlangsung di Baku, Azerbaijan. Pirelli selaku penyedia ban mengungkap terjadi kendala teknis yang disebabkan karena kondisi sirkuit dadakan itu.

Dilansir Motor1, 90 persen ban mobil peserta mengalami goresan cukup dalam disebabkan baut pada gundukan pinggir lintasan (kerb) tikungan 6 dan 12 yang kendur. Manajer Balap Pirelli, Mario Isola mengatakan bila seluruh penyebab kerusakan ini bukan sepotong pecahan puing tajam.

"Dari semuanya Anda bisa melihat bekas goresan di bagian luar, dan posisi goresan menjadi indikasi. Jika Anda menemukan sepotong puing, Anda dapat melihat goresan yang berbeda posisi karena puing itu bergerak," kata Isola.

Isola menjelaskan bila goresan ini cukup parah dengan panjang 5 cm hingga meyentuh kontstruksi ban. Untungnya, kerusakan ini tidak sampai membuat ban bocor dan kehilangan angin.

Pirelli kemudian melaporkan temuannya ke Direktur Balap Formula 1, Charlie Whiting mengenai kejanggalan pada sirkuit. Penyelengara balap kemudian bereaksi dengan menghentikan kualifikasi untuk melakukan pemeriksaan terhadap kerb yang jadi penyebab masalah.

"Mereka memperbaiki itu, namun hanya menunda sesi kualifikasi. Mereka memperbaikinya dan segera mencari solusi," kata Isola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.