Sukses

Mobil Kenegaraan Rusia Kental Rasa Inggris

Rusia hanya menggandeng Porsche selaku pihak yang membantu pengembangan mesin.

Liputan6.com, Moskow - Rusia telah membuat suatu program mobil kenegaraan dalam Proyek Cortege atau Kortezh yang dilaksanakan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) di Moskow. Lembaga tersebut bekerja dalam konsorsium bersama perusahaan desain dan engineering.

Proyek ini turut menggandeng Porsche selaku pihak yang membantu pengembangan mesin, yang dipercaya bakal memakai jenis V8 dan V12. Mobil dalam Proyek Cortege terdiri dari berbagai model, termasuk minivan, sedan kompak, serta SUV.

Beberapa waktu lalu kembali beredar foto mobil kenegaraan yang akan digunakan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Kali ini, sosok mobil dinas para pejabat tertinggi negara dalam wujud crossover serta sedan.

Dilansir Carscoops, seluruh mobil kenegaraan Rusia yang fotornya beredar di jagat maya memiliki gaya desain yang sangat kental aksen mobil Inggris. Untuk sedan memiliki muka yang sangat mirip dengan Rolls-Royce Phantom, sementara untuk crossover desainnya terinspirasi Land Rover dan Bentley.

Foto: Carscoops

Ini menjadi pertanyaan besar, sebab 'blok barat' yang dilibatkan dalam pengembangan mobil kenegaraan hanya Porsche dari Jerman. Pemerintah Rusia tidak menggandeng perwakilan pabrikan otomotif asal Inggris.

Masih jadi misteri apakah insinyur NAMI memang meniru desain Rolls-Royce dan Bentley, atau mendapat persetujuan dari dua pabrikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini