Sukses

Ganti Gigi di Motor Ini Cukup Pencet Tombol

TVS Motor jadi pabrikan yang berhasil menciptakan mekanisme girboks semi-automatic manual transmission.

Liputan6.com, New Delhi - TVS Motor jadi pabrikan yang berhasil menciptakan mekanisme girboks semi-automatic manual transmission (S-AMT) pada motor mainstream dengan nama Jive. Teknologi mutakhir ini memudahkan pengendara yang ingin oper gigi dengan memencet tombol +/- pada setang.

Dilansir Shiftinggears, aktuator elektromekanik berfungsi menggantikan tuas transmisi untuk perpindahan gigi. Perpindahan gigi bekerja secara elektronik dengan terhubung melalui aktuator.

Cara kerjanya serupa dengan yang digunakan pada Honda VFR 1200. Namun, moge berlogo sayap mengepak ini menggunakan mekanisme yang lebih kompleks.

TVS mengklaim teknologi ini bisa diaplikasikan di segala jenis sepeda motor, skuter, atau motor roda tiga. Girboks S-AMT juga turut membantu efisiensi bahan bakar antara 2-5 persen.

Teknologi ini juga mencegah terjadinya kecelakaan karena tuas kopling yang tidak terlepas sempurna atau tuas terlepas tiba-tiba dari tangan. Segala keunggulan ini akan berpengaruh menaikkan harga jual, mengingat biaya yang tidak sedikit dalam pengembangan dan produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini