Sukses

Berpolusi, Yamaha 'Bunuh' Dua Moge

Yamaha juga mengevaluasi seluruh motor yang belum memenuhi standar Euro4.

Liputan6.com, Iwata - Yamaha akhir tahun ini resmi akan menghentikan produksi dua motor gedenya yaitu XT660Z Tenere dan XJR1300. Keduanya disuntik mati karena tidak memenuhi standar emisi Euro4.

Yamaha saat ini sedang mengevaluasi seluruh motor yang belum memenuhi standar Euro4. Pabrikan garputala tersebut masih mempertimbangkan beberapa aspek yang harus dikorbankan demi standar emisi dan kebisingan.

Standar Euro4 dianggap berpotensi menurunkan performa sepeda motor. Selain itu, peningkatan standar emisi menurut Yamaha bakal berpengaruh pada harga jual yang ikut naik.

Dilansir Visordown, XJR1300 telah hadir selama 20 tahun sejak debut pertama pada 1995. Muscle bike ini hadir pertama kali sebagai XJR1200 dan sempat mendapat penyegaran tahun lalu.

Foto: Visordown

Adapun XT660Z Tenere akan bernasib serupa dengn XJR1300, disuntik mati dan belum mendapat pengganti sepadan. Spekulasi yang berhembus menyebut pengganti motor adventure ini mengarah pada model turunan MT-07.

Kabar ini terkuak karena Yamaha sempat menguji coba motor adventure di Italia pada April lalu dengan mesin berkubikasi 689 cc. Andaikata benar, penerus XT660Z Tenere bakal dinamai XT700Z Tenere.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.