Sukses

Angkot Masa Depan Minus Sopir

Olli berjalan secara otomatis sesuai rute yang telah di set.

Liputan6.com, Arizona - Kendaraan umum lazimnya berjalan dengan kendali sopir. Namun, perusahaan bernama Local Motors berinovasi dengan menciptakan Olli, minibus elektrik yang sanggup berjalan tanpa pengemudi.

Dilansir Motor1, Olli didesain sebagai angkutan perkotaan (angkot) dengan kapasitas hingga 12 penumpang. Mobil listrik ini berjalan secara otomatis sesuai rute yang telah di set.

Olli dilengkapi dengan teknologi Light Detection and Ranging (LIDAR) yaitu sistem yang meliputi kamera dan sensor untuk memindai jalan ketika berjalan sendiri. Adapun kendaraan umum tersebut telah dioperasikan di Maryland, Amerika Serikat.

Sistem kognitif Olli diatur melalui Watson, 'otak' hasil rancangan IBM. Sistem operasi ini mampu berinteraksi dengan penumpang. Sebagai contoh, Olli secara pintar bisa memberi rekomendasi restoran yang ditanyakan penumpang sesuai tujuannya.

Olli dalam waktu dekat mulai beroperasi di Las Vegas sebanyak satu unit, dua unit di Florida, dan empat lainnya di Denmark.

Local Motors tetap meminta pengawasan manusia saat Olli beroperasi mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan. Perusahaan tidak bertanggung jawab apabila Olli beroperasi apabila tanpa pengawasan.

Menyoal tenaga, minibus dengan bobot 1.496 kg ini didukung motor elektrik dengan output 40 Tk dan torsi 125 Nm. Kemampuan mesin sanggup menghasilkan kecepatan maksimum 20 km/jam, dengan baterai berdaya jelajah hingga 50 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini