Sukses

Solusi Otomotif: Sensor Parkir Tidak Bunyi

Sensor parkir mobil tidak berbunyi ketika mundur. Kenapa bisa terjadi dan apa solusinya?

Assalamualaikum Pak Haji, saya pengguna Avanza tahun 2012. Yang mau saya tanyakan adalah kenapa sensor mundur tidak berbunyi, padahal saya rajin merawat mobil tersebut. Lalu, kenapa sensor mundur tidak berbunyi? Wassalam - Abbas, Banten-

Waalaikumsalam, Pak Abbas di Banten. Sebelum memeriksa komponen sensor mundur, sebaiknya Pak Abbas melakukan pemeriksaan yang mudah, yakni pastikan apakah lampu mundurnya dalam kondisi normal (nyala).

Setelah itu, Pak Abbas melanjutkan pemeriksaan komponen sensor mundur yang ada beberapa bagian. Untuk sensor mundur yang tidak berbunyi bisa di sebabkan oleh beberapa masalah:

  1. Sensor mundur yang berada di bumper belakang terlepas, tertutup kotoran, atau rusak.
  2. Tegangan listrik yang ke sensor mundur tidak mengalir.
  3. Massa (kabel negatifnya) putus atau tidak terpasang.
  4. ECU (modul) sensor mundurnya rusak.
  5. Switch sensor mundurnya mati atau rusak.
  6. Buzzer speaker mati.
  7. Fuse lampu mundurnya putus.

Memang untuk pemeriksaan komponen sensor mundur ini harus dilakukan di bengkel, ada pemeriksaan kelistrikan. Semoga jawaban saya bisa membantu Pak Abbas dalam periksaan awal  pada kendaraan Avanza

Terima Kasih

H Agus Mustafa

--

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir ia pernah menyabet juara 1 di ajang `National Toyota Technicians Skills Contest` dan menjadi wakil Toyota Indonesia di ajang 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.