Sukses

Yakin Knalpot Bersuara Kencang untuk Keselamatan?

Suara knalpot bising membantu keselamatan karena pengendara lain bisa dengan mudah mengetahui keberadaan Anda? Yakin?

Liputan6.com, Jakarta - "Suara knalpot yang bising bisa menyelamatkan nyawa bikers." "Untuk memastikan pengemudi di depan bahwa saya ada di belakangnya." "Ini bukan soal keren-kerenan, tapi untuk memberi tahu orang bahwa Anda di belakangnya."

Argumen-argumen di atas biasanya dilontarkan oleh mereka yang punya motor dengan suara knalpot bising. Menurut mereka, knalpot bersuara keras adalah fitur keselamatan tambahan pengendara motor. Pertanyaannya kemudian, benarkah demikian?

Dalam beberapa sumber, disebutkan bahwa hal tersebut sebetulnya hanyalah pembenaran saja. Pasalnya, argumen di atas bisa dipatahkan dengan beberapa alasan rasional.

Pertama, jika memang dimaksudkan agar orang di depan mengetahui Anda di belakangnya, faktanya moncong knalpot menghadap belakang, bukan depan.

"Jika konsep ini membingungkan, bayangkanlah suara sirine pemadam kebakaran. Sirine itu menghadap depan karena memang tujuannya adalah memperingati pengendara lain bahwa ada damkar di belakangnya," demikian yang ditulis di laman Motorcyclecruiser.

Menurut sumber itu, jika bikers berknalpot kencang benar-benar peduli pada keselamatannya, maka yang seharusnya lebih diperhatikan adalah lampu dan klakson. Bisa saja, misalnya, mereka membeli lampu tambahan agar lebih terang, dan memastikan klaksonnya berbunyi dengan baik.

"Menambah lampu, dan meningkatkan kinerja klakson adalah cara terbaik untuk membuat kehadiran Anda diketahui. Bukan hanya lebih baik dibanding knalpot aftermarket, tapi juga harganya lebih murah," tambah situs tersebut.

Ini saja sebetulnya belum maksimal, terutama untuk pengendara mobil. Pasalnya, dengan teknologi yang semakin maju seperti saat ini, kabin mobil semakin senyap dan membuat siapapun yang ada di dalamnya mendengar lebih sedikit suara. Apalagi, jika mereka mengendarai mobil sambil mendengarkan lagu

Memang pada momen tertentu, suara knalpot membuat pengendara lain mengetahui keberadaan Anda. Tidak ada yang menyangsikan itu. Tapi merupakan hal yang keliru jika itu dijadikan satu-satunya alasan menggunakan knalpot bising, sementara faktor lain yang lebih signifikan seperti lampu dan klakson yang baik tidak diperhatikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.