Sukses

Hembusan AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap? Cek Komponen Ini

Hembusan udara yang tidak sedap dari AC tentunya sangat mengganggu. Tahukah Anda, bau tersebut berasal dari evaporator.

Liputan6.com, Jakarta - Hembusan udara yang tidak sedap dari AC tentunya sangat mengganggu. Tahukah Anda, bau tersebut berasal dari evaporator.

Ya, sirkulasi udara meninggalkan bekas pada evaporator. Penyebab udara bau ini beragam, namun paling sering karena bekas asap rokok dan uap pengharum mobil.

"Proses pembuatan parfum ini tidak lepas dari bahan kimia. Pada saat menjelang habis, tinggal bibit kimianya yg bersirkulasi di kabin dan kembali ke evaporator. Biasanya bibit kimia ini tinggal bau nggak enaknya," urai Heru Wibowo, Workshop Manager PRO-Q kepada Liputan6.com.

Serupa pengharum mobil, udara bekas rokok juga akan menempel di evaporator dan bagian kabin lainnya seperti jok dan plafon. Ini terjadi apabila AC lupa dimatikan saat sedang merokok, meskipun telah membuka kaca jendela.

Untuk itu, Heru secara tegas melarang penggunaan parfum mobil, terutama dengan jenis semprot yang biasanya dipasang pada ventilasi mobil. Merokok di dalam mobil saat AC menyala juga tidak dianjurkan.

"Pemakaian pengharum mobil saya sangat melarang. Itu sangat tidak dianjurkan, apalagi yang diletakkan di ventilasi udara atau disemprot," tuturnya.

"Sepersekian asap rokok yang bersirkulasi di kabin itu tidak disadari jadi biang penyakit. AC bau, nggak sehat, dan berdampak pada kerusakan evaporator," tuntasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini