Sukses

Dodge Viper Edisi Pamungkas Mengaspal

Liputan6.com, Michigan - Dodge, pabrikan otomotif asal Michigan, Amerika Serikat (AS), merilis SRT Viper edisi terbatas. Supercar legendaris ini adalah edisi pamungkas atau terakhir sebelum produksinya dihentikan akhir tahun ini.

Melansir motoring.com.au, Jumat (24/6/2016), ada lima model sekaligus yang akan diluncurkan. Kelimanya didasarkan pada model produksi 2017. Model bernama MY17 Dodge Viper menggendong mesin V10 8,4 liter yang hasilkan tenaga 643 tk dan torsi 813 Nm, terbesar di kelas mesin naturally-aspirated manapun di dunia.

Model pertama dinamakan Viper 1:28 Edition ACR. Mobil yang dilengkapi dengan Extreme Aero Package ini hanya dibuat sebanyak 28 unit saja. Ada pula Viper GTS-R Commemorative Edition ACR berwarna putih dan biru yang dibuat hanya 100 unit.

Ketiga ada model bernama Viper VoooDoo II Edition ACR. Dilengkapi dengan eksterior serba hitam, model ini hanya dibuat 31 unit saja. Kemudian ada lagi model yang dinamakan Viper Snakeskin Edition GTC. Model ini hanya dibuat 25 unit.

Terakhir, ada model bernama Dodge Dealer Edition ACR. Model ini punya pilihan warna biru dan merah, rem karbon keramik, Extreme Aero Packagem dan interior ACR dengan aksen merah. Mobil ini hanya dibuat 33 unit saja.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1992, telah ada sekira 30 ribu Dodge Viper yang pernah dibuat di pabrik yang ada di Detroit.

Disebut, selain karena tidak menguntungkan, Dodge Viper ini dihentikan produksinya oleh Fiat Chrysler selaku perusahaan induk juga karena tidak mampu memenuhi standar keselamatan di masa depan, khususnya soal airbag.

Menurut FMVSS (Federal Motor Vehicle Safety Standard), airbag tirai harus ada di semua mobil di AS mulai 2017. Sementara desain ruang kabin Dodge Viper sangat sempit sehingga tidak memungkinkan lagi menambah fitur keselamatan baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini