Sukses

Inilah 4 Sepeda Motor Tercepat Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Aspek performa menjadi salah satu acuan dalam membuktikan sepeda motor mana yang terbaik. Karena itu, banyak pabrikan roda dua berlomba. Bahkan, ada yang memanfaatkan mesin garapan Rolls-Royce agar produknya tak terkalahkan.

Pada tahun ini tentu saja terdapat daftar motor tercepat dunia. Namun model yang bisa digeber dengan kecepatan melebihi 350 km/jam cuma ada empat model.

Sebagaimana dilansir dari Themysteriousworld, berikut daftarnya:

1. Kawasaki Ninja H2R - 354 Km/jam

Motor garapan Kawasaki ini merupakan model yang paling berperforma di seri Ninja. Kawasaki Ninja H2R disokong mesin 998 cc supercharged DOHC inline-4. Untuk pertama kalinya Kawasaki juga menerapkan trellis frame pada Ninja H2R.

Di atas kertas, motor yang punya tampang sangar ini menjanjikan tenaga 300 Tk. Seluruh tenaga didistribusikan melalui transmisi manual 6-speed. Dikatakan, motor ini bisa digeber dengan kecepatan maksimum 354 km/jam.

2. MTT Turbine Superbike Y2K - 365 km/jam

Dalam daftar rekor dunia versi Guinness, MTT Turbine Superbike Y2K pernah masuk dalam motor paling buas yang pernah diproduksi. Motor ini dirancang khusus agar energi panas dari knalpot bisa dikonversi menjadi tenaga.



Superbike ini berpacu menggunakan mesin Rolls Royce 250-C20 turbo shaft. Kecepatan tertinggi yang dapat dicapai MTT Turbine Superbike Y2K adalah 365 km/jam dan mampu hasilkan 320 Tk pada 52.000 rpm. Sistem transmisi yang digunakan oleh motor ini berbeda dari yang lain, ia hanya memiliki transmisi otomatis 2-speed.

3. Suzuki Hayabusa - 397 km/jam

Suzuki tak mau ketinggalan untuk menciptakan sepeda motor berperfoma. Hayabusa merupakan pilihan bagi pecinta roda dua yang gila kecepatan.



Hayabusa mengandalkan mesin 1.340 cc, 4 stroke, empat silinder, liquid-cooled, DOHC dan 16 valve engine. Tenaganya mencapai 197 Tk pada 6.750 rpm yang dikawinkan dengan transmisi 6-speed.

Konfigurasi teknis tersebut membuat  Hayabusa bisa meluncur dengan kecepatan 392 km/jam.

4.  Dodge Tomahawk - 560 km/jam

Motor paling cepat yang masuk dalam daftar adalah Dodge Tomahawk. Ini merupakan motor konsep yang diperkenalkan Dodge pada North American International Auto Show edisi 2003.

Desain motor yang terinspirasi dari Art Deco yang digarap desain Chrysler Mark Walters ini mengandalkan mesin 8,3 liter V10 SRT10 yang mampu memproduksi tenaga 500 Tk.  Dikatakan, Dodge Tomahawk ini cuma ada sembilan unit yang diproduksi sepanjang 2003-2006.



Bila tiga motor sebelumnya hanya menjanjikan kecepatan maksimum di kisaran 300 km/jam, Dodge Tomahawk diklaim bisa digeber pada kecepatan 560 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini