Sukses

Waktu yang Pas untuk Mudik

Sebuah polling yang dimuat Otomotif Liputan6.com berhasil menghimpun waktu keberangkatan pemudik untuk tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah polling yang dimuat Otomotif Liputan6.com berhasil menghimpun waktu keberangkatan pemudik untuk tahun ini.

Dari 231 pemilih, 31 persen di antaranya akan memilih 1 Juli atau yang jatuh pada Jumat sebagai hari yang pas untuk pergi ke kampung halaman.

Untuk urutan kedua, pemudik memilih tanggal H-2 Lebaran sebagai waktu yang pas untuk mudik dengan perolehan 27 persen suara.

Sementara itu, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi arus mudik Lebaran, diperkirakan akan mulai terlihat pada Rabu 29 Juni mendatang.

"Yang mudik bersama mulainya Rabu 29 Juni, kemudian 1 pas Jumatnya," ujar Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (24/6/2016).

Sementara, puncak arus mudik diperkirakan jatuh pada 2 dan 3 Juli mendatang. "Puncaknya itu Sabtu dan Minggunya," ujar dia.

Karena itu, untuk mengamankan jalur mudik, Korlantas mengerahkan 99.700 personel, yang siap bersiaga di titik-titik jalur mudik. "Ditambah TNI, Satpol PP, kemudian ada Dinas Perhubungan. Total kurang lebih 155.000," jelas Agung.

Nantinya, kesiapan pengamanan mudik Lebaran akan dimulai pada 30 Juni, dengan melakukan apel di Polda Metro Jaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.