Sukses

5 Ferrari Termahal di Dunia

Ferrari menggabungkan antara keindahan desain serta performa mesin yang gahar.

Liputan6.com, Jakarta - Ferrari, mengetahui nama tersebut tentu langsung membayangkan mobil sport dengan performa jempolan. Bayangan lain yang muncul pasti tak lain harganya yang cukup fantastis.

Mobil sport berlogo kuda jingkrak ini jadi idola banyak orang. Tidak heran, sebab produsen mobil sport Italia ini menggabungkan antara keindahan desain serta performa mesin yang gahar.

Nama Ferrari juga telah malang melintang di berbagai ajang balap dunia dengan prestasi yang membanggakan. Para pesohor dunia berkocek tebal kerap melirik Ferrari sebagai salah satu mobil wajib yang harus dikoleksi.

Sejarah panjang Ferrari di jagat otomotif membuat mobil-mobilnya selalu jadi buruan kolektor, termasuk model klasik yang tidak lagi diproduksi. Pabrikan yang bermarkas di Maranello tidak jarang merilis model-model terbatas untuk memperingati prestasi di ajang balap.

Status langka yang disandang edisi terbatas membuat harganya terus melonjak. Di ajang lelang, mobil klasik edisi terbatas bahkan bisa laku hingga ratusan miliar rupiah. Berikut ini daftar Ferrari termahal yang dirangkum Liputan6.com:

Edisi penutup Ferrari Enzo

Ferrari di awal abad 21 menciptakan Enzo, supercar yang terinspirasi dari mobil Formula 1. Pengembangan mobil ini ikut dibantu oleh juara dunia F1, Michael Schumacher.

Enzo saat itu diproduksi hanya sebanyak 400 unit di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, edisi terakhir Enzo sempat dimiliki oleh Paus Yohanes Paulus II.

Dalam sebuah kegiatan lelang di Monterey pada 13-15 Agustus 2015 lalu, penyelenggara menaksir Enzo terjual pada rentang harga antara US$ 4-6 juta atau sekitar Rp 53,6-80,4 miliar. Ferrari Enzo eks-Paus baru menempuh jarak 179 km di odometernya.

Ferrari 400 Superamerica SWB

Foto: Auto123

Sebuah Ferrari 400 Superamerica SWB dijual seharga US$ 7,645 juta atau sekira Rp 97,5 miliar oleh oleh rumah lelang RM Auctions di Ontario, Kanada. Mobil ini pernah dipamerkan saat gelaran Geneva dan New York Motor Show 1962.

Ferrari menciptakan mobil ini sebagai konsep produksi keluarga Supercamerica dengan wheelbase pendek. Mobil sport ini sepanjang hidupnya telah berkelana baik sebagai bintang pameran maupun digunakan dalam ajang balap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Ferrari 250 GT SWB Berlinetta

Mendiang pengusaha sepatu di Inggris bernama Richard Colton mewariskan dua unit Ferrari miliknya yakni Ferrari 250 GT SWB Berlinetta keluaran 1960 yang hanya dijual sebanyak 10 unit di Inggris, serta Ferrari 275 GTB yang merupakan mobil terganas era Enzo Ferrari.

Keduanya berhasil terjual seharga 8,5 juta Pound Sterling atau sekira Rp176,62 miliar terjual dalam sebuah lelang amal. Adapun nilai dari masing-masing mobil yaitu 6,6 juta Pound Sterling atau sekira Rp 137,14 miliar untuk SWB Berlinetta dan Ferrari 275 GTB terjual seharga 1,93 juta Pound Sterling atau sekira Rp 40,1 miliar.

Sebagian uang hasil penjualan akan digunakan untuk mendanai kelas sekoci yang nantinya akan diberi namanya dan mendiang istrinya yaitu Richard dan Caroline Colton.

Ferrari 250 GT SWB California Spider

Dari wujudnya saja, kita dibuat jatuh hati dengan Ferrari 250 GT SWB California Spider lansiran tahun 1961.

Tunggangan elegan nan cantik asal Italia ini sangat menggoda banyak orang, terlebih bagi pecinta mobil klasik. Statusnya sebuah mobil convertible tercantik yang pernah dibuat menjadikan 250 GT SWB California Spider jadi salah satu ikon Ferrari.

Ferrari membangun mobil sport tersebut hanya sebanayk 56 unit dari seluruh dunia. 250 GT SWB California Spider mengusung mesin 3,0 liter V12.

Pada 23 Mei 2015 lalu RM Sotheby pada Concorso d'Eleganza Villa d'Este melelang 250 GT SWB California Spider dengan nomor produksi 18. Harga yang ditawarkan untuk mobil produksi 1961 ini sangat fantastis, yakni US$ 14,1 juta atau setara Rp 183,3 miliar.

Ferrari 335 Sport Scaglietti

Mahalnya harga Ferrari 335 Sport Scaglietti karena sejarah panjang yang pernah diukirnya.

Inilah pemegang rekor Ferrari termahal sejagat saat ini. Ferrari 335 Sport Scaglietti terjual dalam ajang lelang yang diselenggarakan oleh Artcurial Motorcars Retromobile seharga US$ 35.711.359 atau sekitar Rp 486,92 miliar.

Mobil ini telah malang melintang di berbagai ajang balap. Ferrari 335 Sport Scaglietti memulai kiprah balap pada Sebring 12 Hours, Maret 1957 dan finis pada urutan keenam. Mobil balap ini kemudian ikut serta di balapan Mille Miglia kemudian melanjutkan kiprahnya di Le Mans 24 Hours dan mencatatkan kecepatan rata-rata lebih dari 200 km/jam.

Sosok pembeli Ferrari 335 Sport Scaglietti masih misterius. Ada yang menyebut bila Lionel Messi sebagai pemilik baru, mengingat ia dan Cristiano Ronaldo ikut serta pada ajang lelang tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini