Sukses

Kunci Jaga Stamina Saat Mengemudi ke Kampung Halaman

Pengemudi wajib dalam kondisi bugar selama perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Hari raya Idul Fitri semakin dekat. Warga Ibu Kota menyambutnya dengan bersilaturahmi dengan sanak saudara ke kampung halaman.

Perjalanan mudik dengan menempuh jarak jauh tentunya membutuhkan kondisi fisik yang prima, terlebih bila Anda membawa kendaraan sendiri. Maka dari itu, Anda yang bertugas mengemudi wajib dalam kondisi bugar selama perjalanan.

Doddy Permadi, dokter dari Graha Medika Asuransi Astra menjelaskan bila pengemudi wajib tidur selama lima jam sebelum perjalanan. Adapun persiapan barang-barang bisa dilakukan oleh istri atau orang yang tidak bertugas mengemudi.

"Minimal tidur lima jam sebelum perjalanan. Barang-barang bisa disiapkan istri, karena suami harus cukup istirahat untuk nyetir," katanya saat pelepasan komunitas di Daihatsu Sahabat Mudik, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia menekankan kepada para peserta mudik agar tidak memaksakan diri terus mengemudi agar lebih cepat sampai tujuan. Ia menyarankan untuk istirahat sejenak apabila telah mengemudi selama tiga jam dan bisa memanfaatkan posko mudik.

"Kemampuan seseorang nyetir nonstop selama tiga jam. Setelah tiga jam, berhenti sebentar lakukan stretching ringan supaya aliran darah lancar," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini