Sukses

Nih, 4 Sepeda Motor Beroda Tiga yang Jadi Primadona

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor adalah kendaraan yang umumnya dikenal punya roda dua. Untuk mengendarainya, pengemudi harus bisa mengatur keseimbangan. Kendaraan ini sangat laris karena harganya yang terjangkau.

Selain beroda dua, ternyata ada pula sepeda motor yang rodanya tiga. Motor ini diproduksi langsung oleh pabrikan yang bersangkutan, bukan hasil modifikasi. Meski memang, motor roda tiga belum terlalu populer.

Dua roda bisa saja ada di bagian depan, dan satunya di belakang. Bisa juga sebaliknya. Jika di depan, maka antar roda memiliki mekanisme suspensi independen. Sehingga saat belok, suspensi akan menyesuaikan dan dua roda masih menempel di jalan.

Diolah dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa motor roda tiga yang telah dijual di pasaran dan cukup populer. Selain empat motor ini, ada pula motor roda tiga lain, tapi masih dalam bentuk konsep dan belum masuk jalur produksi.

Piaggio MP3

Piaggio, produsen motor asal Italia, ternyata juga memproduksi motor roda tiga, dua di depan dan satu di belakang. Motor yang dinamakan MP3 atau Moto Piaggio 3 ini pertama kali dipasarkan pada 2006.

Motor tersedia dalam beragam varian mesin, dari mulai 125 cc, 250 cc, 300 cc, 400 cc, dan 500 cc. Pada 2009 lalu, Piaggio MP3 baru dengan teknologi hybrid diluncurkan. Jika hanya menggunakan listrik, motor tiga roda ini bisa melaju maksimal hingga 18 km dan dengan kecepatan tertinggi 32 km/jam.

1 dari 2 halaman

Next

Peugeot Metropolis 400

Peugeot adalah pesaing Piaggio. Kemunculan motor roda tiga mereka juga dimaksudkan untuk menandingi dominasi Piaggio MP3. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 2011, dan diproduksi di pabrik Doubs Mandeure, Perancis.

Kaki-kaki depan menggunakan suspensi independen. Sementara suspensi belakang monoshock yang diposisikan tegak lurus. Peugeot Metropolis 400 mengusung mesin 400 cc yang hasilkan tenaga 37,2 Tk dan mampu berlari hingga 160 km/jam.

Yamaha Tricity

Yamaha Tricity pertama kali diperkenalkan di Thailand pada April 2014 lalu. Setelah itu, motor ini juga dijual di Jepang, Australia, Selandia Baru, dan pasar Eropa pada 2015 lalu. Hanya Afrika dan Amerika saja yang belum `tersentuh` Tricity.



Yamaha Tricity mengadopsi mesin 125 cc, 4-tak, yang hasilkan tenaga 10 Tk dan torsi 10 Nm. Menariknya, motor ini santer terdengar akan diimpor ke Indonesia oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Can-Am Spyder

Motor roda tiga selanjutnya bernama Can-Am Spyder, yang diproduksi oleh pabrikan asal Kanada, Bombardier Recreational Products. Motor ini pertama kali diluncurkan pada Februari 2007.



Motor ini dilengkapi mesin 998 cc dengan pilihan transmisi manual dan sequential electronic. Motor ini cukup sukses di pasaran dengan terjual 100 ribu unit pada 2015. Menariknya, 21 persen pengguna motor ini adalah kaum hawa.

Artikel Selanjutnya
BMW Punya Motor Hybrid Berpenggerak Dua Roda
Artikel Selanjutnya
Motor Nasional Malaysia Kembali Menggeliat